Siaran Radio Pantang Berbuat Salah

0 62

infowonogiri.com-SURAKARTA-Hari ini,Selasa  Tanggal 22 November 2011 digelar pelatihan Sumber Daya Penyiaran (SDM) dengan tema  Peningkatan Profesionalitas Insan Penyiaran.Acara tersebut  diikuti oleh sekitar 50 peserta  terdiri dari para pekerja radio siaran di eks Karisidenan Surakarta.
Acara yang diselenggarakan oleh KPID Jawa Tengah ini menghadirkan narasumber yang sangat professional di bidang jurnalistik radio  jurnasilistik cetak terkemuka di Indonesia.
Antara lain  Kepala Stasiun RRI Cirebon Bagoes Giarto, Bagoes Giyarto memberikan materi seputar “Manajemen Keredaksian Radio Siaran.
Menurut Bagoes , penyiar pantang berbuat salah dalam menyiarkan berita.  Alasannya,  tidak ada ralat pada berita yang telah disiarkan.
Oleh karena itu menurut Bagoes,  agar reporter radio turun langsung ke lapangan untuk mencari dan menggali data yang cepat  tepat dan akurat.
Pembicara lain dalam kegiatan Diklat ini  adalah Kepala Biro Kompas Jawa Tengah Helen Sonya. Wartawan senior di Kompas tersebut  memberikan materi “Kode Etik Jurnalistik”. Sonya menjelaskan seorang penyiaran atau reporter yang professional harus betul-betul menjaga kode etik jurnalistik undang-undang penyiaran.

Hal penting lainnya, menurut Sonya adalah wartawan harus independen yang tugas dan fungsinya untuk kepentingan umum bukan kepentingan pribadi atau kelompok.
Antara lain, Independen berfungsi sebagai kontrol sosia,l  fungsi pendidikan, fugnsi hiburan dan fungsi obat bagi masyarakat. Laporan ini disampaikan oleh radio online/RHMFM.COM didukung oleh KPID Jawa Tengah. ([email protected])

error: Content is protected !!