Semua Orang Bisa mBanting Tapi Tidak Semua Bisa Dibanting

0 65

infowonogiri.com-WONOGIRI- Alfan Putra Pamungkas. Pria kelahiran Wonogiri 8 Desember 1994 ini adalah atlet Judo Kabupaten Wonogiri. Alfan tergabung di dalam club, Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Gajah Mungkur Wonogiri.

Pada Kejuraan Provinsi (Kejurprof) Judo 2011 di Gor Girimandala Wonogiri, Sabtu – Minggu (26-27/11) kemarin, Alfan tampil di kelas -73Kg kelompok umur 28 tahun Senior. Alfan berhasil menjadi yang terbaik sebagai juara satu dengan raihan medali emas.

Di kelas lain, Alfan turun di kelompok 16 tahun kelas bebas diatas 66kg. Pada kelas ini Alfan berhasil meraih medali perak. Prestasi lain, Alfan juga pernah mendapatkan prestasi terbaiknya. Antara lain, Alfan meraih dua medali emas tahun 2009 pada Kejuaraan yang digelar Gedung Badan Pembinaan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) di Semarang. Sebelumnya, pada tahun 2007, Alfan juga keluar sebagai atlet yang terbaik pada kejuaran Gubernur Cup Judo yang digelar oleh Yayasan Sekolah Kristen Indonesia (YSKI) Semarang.

Semua prestasi tersebut tidak mudah didapatkan anak ragil pasangan Aipda Rustanto anggota Propan (P3D) Polres Wonogiri dengan Ny Niken Widayati ini. Butuh ketekunan dan kesabaran menempa diri. “Anak harus senang terhadap olahraga yang digelutinya. Alfan sejak kelas 3 SD mulai berolahraga Judo,” kata Rustanto warga Cubluk RT 08 RW 12 Giritirto Wonogiri ini.

Tampaknya, bakat Alfan pada olahraga Judo sudah terlihat sejak duduk di kelas 3 SD . Saat itu, ia baru memulai menyukai Judo, namun sudah berprestasi. Saat itu ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Judo se-eks Karisidenan Surakarta. Ayahnya, Rustanto adalah mantan atlet Judo Propinsi. Namun demikian, Alfan menjadi Pejudo karena ia menyukainya.

Apa yang membuat Alfan suka? Pendapatnya tentang Judo, dalam olahraga Judo ada prinsip dan nilai seni di dalamnya. “Semua orang bisa mbanting, tetapi tidak semua orang bisa dibanting,” begitu kata pelajar SMA N 3 Wonogiri ini.

Selain itu, Alfan memang sangat menyukai olahraga ini. “Saya memang hoby, saya suka Judo sejak kecil,” kata pria berpostur tinggi 174Cm dan berat badan 68Kg ini. Alfan, kelak bercita-cita ingin menjadi anggota Polri. Ia sadar, prestasinya belum seberapa. Karena itu, ia pun belum puas dengan apa yang diraihnya, saat ini. “Saya ingin lebih berprestasi lagi. Jangan pernah puas,” katanya. ([email protected])

error: Content is protected !!