Polsek Ngadirojo Melakukan Pembinaan SHT Ngadirojo

2 91

infowonogiri.com-NGADIROJO-Ratusan pengurus dan anggota Persaudaraan Setia Hati Teratai (SHT) Ranting Kecamatan Ngadirojo, Sabtu malam (26/11) berkumpul di halaman rumah Ateng warga Kepyar Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

Acara tersebut digelar dalam rangka menyikapi peristiwa kerusuhan yang terjadi di Kelurahan Ngarjosari Kecamatan Tirtomoyo, Rabu (23/11) lalu. Acara tersebut dihadiri oleh pengurus dan sesepuh SHT, yaitu Mul T dan Riohana, dihadiri pula utusan Kapolsek Ngadirojo AKP Darmanto SH. Riohana dan Mul T mengemukakan, bahwa apa yang terjadi di Tirtomoyo dipastikan tidak dilakukan oleh warga SHT Ranting Kecamatan Ngadirojo, tetapi dilakukan oleh oknum SHT dari luar daerah. Acep, warga Ngadirojo yang diduga terlibat dalam aksi di Tirtomoyo, adalah bukan anggota Ranting Ngadirojo. Melainkan warga SHT Ranting Kecamatan lain.

“Informasinya Acep itu anggota SHT Ranting Selogiri, tapi itupun perlu dicek status keanggotanya. Kalaupun benar, Acep adalah oknum, bukan atas nama organisasi. Ajaran SHT sangat luhur dan mulia. Kalau ajaran kami jahat, tentu warga SHT tidak sebanyak ini,” ujar Riohana. Riohana mendukung pihak kepolisian untuk menegakkan hukum dalam menangani perkara ini. Namun dia berharap, keadilan benar benar ditegakan untuk semua.

Menurut versinya, kerusuhan di Tirtomoyo melibatkan dua kubu yang berbeda. Kedua kubu sama sama ada pelaku dan ada korbannya. “Semua pihak berhak mendapatkan keadilan hukum yang seimbang,” ujar Riohana. Sementara Kapolsek Ngadirojo AKP Darmanto SH melalui Kanitreskrim Aiptu Sandiya hadir memberikan materi pembinaan mental dan moral sedulur SHT. Sandiya menjelaskan, bawha memukuli orang dan merusak rumah orang merupakan tindak pidana criminal. Demikian juga main hakim sendiri adalah perbuatan melawan hukum.

Sandiya manandaskan agar SHT Ngadirojo khususnya, dan Wonogiri umunya diminta menjaga diri dan nama baik organisasinya agar citranya positif. “Di suatu wilayah kalau ada pendekar, hidup masyarakatnya tentram dan aman. Bukan malah resah, sebab pendekar itu tugasnya melindungi masyarakat dari kejahatan. Pendekar itu suka menolong dan membantu orang yang lemah. Pendekar itu tugasnya menegakkan kebenaran dan keadilan,” ujar Sandiya. ([email protected])

error: Content is protected !!