Perjalanan Tim IW menuju seminar di STIKOSA AWS

1 53

infowonogiri.com-WONOGIRI-Rabu (23/11/11) dua orang tim infowonogiri.com berangkat sekira pukul 17.30 WIB dari Slogohimo dengan mengendarai sepeda motor. Kami direferensikan oleh Bagus Serengat selaku Pemimpin Redaksi Portal Berita Wonogiri untuk mengikuti seminar portal media online di kampus STIKOSA  AWS Surabaya.
Waktu  itu hujan deras mengguyur selama perjalanan dari Kecamatan Sologhimo Wonogiri Jawa Tengah menuju ke Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Kami tetap semangat dan senang hati, karena akan mendapat pengalaman menarik di kota Surabaya. Yaitu ilmu jurnalistik.
Dalam perjalan, kami mampir di alun-alun Ponorogo sekira jam 19.00 WIB. Kebetulan  di alun – alun itu sedang mengadakan acara tahunan “Grebeg Suro” yang diisi dengan festival Reog seluruh  Ponorogo. “Lumayan, dapat hiburan langsung yang biasanya cuma kami dengar dari mulut-kemulut”.
Sungguh bersyukurnya bangsa ini mempunyai keanekaragaman seni dan budaya yang menarik bagi masayarakat indonesia dan dunia internasional, salah satunya Reog Ponorogo ini. Setelah puas menikmati pertunjukan Reog tersebut akhirnya kami melanjutkan perjalan kembali.
Perjalanan menuju kota Surabaya kami lanjutkan kembali dengan menggunakan Bus yang akan mengantarkan kami  dari terminal Selo Aji Ponorogo menuju Surabaya. Kami  tiba di terminal Selo Aji sekira jam 23.00 WIB. Kesabaran kami kembali diuji di sini. Sebab, hampir dua jam kami menunggu Bus yang berangkat untuk tujuan Surabaya.
Sekian lama menunggu, jam menunjukkan pukul 00.45 WIB. Sungguh senangnya kami saat itu sudah ada Bus yang siap berangkat. Dengan bergegas kami segera  naik  bus tersebut, perasaan kami senang karena ingin cepat duduk di bangku Bus. Segera beristirahat untuk memulihkan stamina yang akan kami gunakan untuk kegiatan hari esok.
Kami tidur sangat lelap tanpa tersadar pagi pukul 04.30 WIB kami tiba di Surabaya. Ketika itu terdengar suara kenek bus yang berteriak “Bungurasih, terakhir”. Bergegas kami turun dari bus berjalan menuju toilet dan ke mushola untuk melaksanakan sholat shubuh, saat itu pukul 04.30. Dari terminal Purabaya Surabaya.
Perjalan kami lanjutkan berkeliling kota Surabaya di luar kegiatan seminar dengan bersepeda motor pinjaman. Seminar baru akan dimulai pukul 13.00 waktu yang masih cukup lama bagi kami. Pukul 11.30 WIB kami meluncur ke lokasi seminar, tepatnya di kampus Stikosa AWS Surabaya, tepat pukul 13.00 kami sampai di kampus almamater wartawan tertua di Indonesia Timur itu. Kami langsung mengisi buku tamu dan segera mengikuti kegiatan.
Tak disangka kami disambut hangat oleh panitia seminar, “Fantastis kata salah satu dari mereka kepada kami. Tak lama kemudian saat kami duduk, pemateri datang. Budi Sugiarto namanya, ia adalah Kepala Biro detiksurabaya.com. Budi Sugiarto pun juga menyambut kami dengan hangat “Luar Biasa” katanya yang dari Wonogiri.
Oleh Budi Sugiarto seminar tersebut diberi judul  “Jadilah Wartawan Yang Jujur”. Jujur dalam menyampaikan, memberitakan, dan jujur tidak menerima amplop. Seminar ini adalah seminar tentang portal berita media online. Yang dibahas dalam seminar ini yaitu, perbedaan di media online dan media cetak. Perbedaan media online dan cetak adalah terletak pada penyampaian informasinya.
Yaitu:

  1. Akurasi,  kebenaran angka, kejelasan (Nama, tanggal & tempat), kutipan yang dapat di pertanggung jawabkan, jangan terburu – buru ketika menulis berita, cek kembali jika terjadi kesalahan teknis, berita yang melintir (bohong), ksatria, bedakan Berita atau Iklan, dan jangan alergi sebut sumber berita.
  2. Kesalahan yang terjadi di media online bisa langsung diralat, sebab ada kontrol, kontrol tersebut dari pembaca.
  3. Harus cepat dalam menayangkan berita dan tidak dapat ditunda untuk beberapa waktu.

Karena menariknya seminar tersebut sampai tidak terasa waktu sudah pukul 15.00 WIB. Seminar pun kemudian diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah kepada Budi Sugiarto. Kamipun sempat berbincang – bincang dengan Budi Sugiarto dan beberapa dosen Stikosa AWS.
Mereka bilang pernah membuka media online infowonogiri.com. Kata mereka website kami berat dan susunan desing-layout acak- acakan sehingga pembaca kesulitan untuk membaca. Mereka  menawarkan pada kami untuk mengadakan talk show di Info Wonogiri secara internal dengan mereka. Masukan bagus bagi infowonogiri.com.
Kemudian kami berpamitan kepada Budi Sugiarto dan Dosen Stikosa AWS tersebut dengan ucapan salam kamipun bergegas pulang menuju Wonogiri. ([email protected])

error: Content is protected !!