Pemotongan Hewan Qurban Mencapai 835 Ekor Lebih

0 26

infowonogiri.com-WONOGIRI-Pelaksanaan jamaah shalat di halaman masjid Agung At-Takwa Wonogiri dipimpin oleh Drs H Achmad baidlowi dari Pengadilan Agama Kabupaten Sukoharjo, Minggu (6/11). Achmad bertindak sebagai imam sekaligus khatib khutbah shalat Idul Adha.

Jamaah umat muslim tampak memadati seluruh halaman masjid agung. Karena tidak mencukupi peserta shalat melebar di alun-alun Giri Krida Bhakti Wonogiri, jalan dan sampai ke halaman pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Shalat id dimulai tepat pukul 06.00. Shalat id berjalan tertib dan aman. Usai shalat imam naik panggung khatib menyampaikan hikmah idul qurban. Temanya “menggali makna idul adha,”. Pada intinya, idul qurban dicontohkan oleh nabi Ibrahim AS.

Makna dari berkorban mempunyai makna sosial dan kultural yang sangat luas. Umat islam sangat peduli terhadap kesejehtaraan dan kemaslahatan umat. Pelajaran lain yang dapat dipetik dari kisah nabi Ibrahim adalah, keharusan menjaga ideologi dan memperkokoh idealisme umat.

Di sisi lain, sosok nabi Ibrahim ternyata sangat mengajarkan prinsip dialogis sesama orang lain, bahkan dalam lingkungan keluarganya sendiripun, terutama dalam urusan kebenaran dalam bersosial kemasyarakatan. Namun tetap tegas dan tanpa kompromi dalam memberantas kezaliman.

Sehingga sampai-sampai, Nabi Muhammad SAW bersabda. “janganlah kamu ikut-ikutan dengan mengatakan; kalau orang lain berbuat baik, kamipun akan berbuat baik. Dan kalau mereka berbuat dzalim kamipun berbuat dzalim. Tetapi teguhkanlah dirimu dengan berprinsip, kalau orang lain berbuat kebaikan maka kamipun berbuat kebaikan pula. Namun kalau orang lain berbuat kejahatan maka kami tidak akan melakukannya.

Sementara, Sekretaris takmir masjid Agung At Takwa Wonogiri Abdul Karim melaporkan sebelum shalat idul adha dimulai jumlah sapi yang dipotong mencapai 108 dan 228 ekor kambing. Jumlah tersebut baru didapatkan dari sektor timur dan tengah. Sektor selatan dan utara belum terdata.

Ketua DPD LDII Kabupaten Wonogiri melaporkan, jumlah hewan qurban yang disembelih ada sebanyak 215 ekor sapi dan 274 ekor. Sedangkan takmir masjid Al Furqon Donoharjo Wonogiri, Drs H Ali Yatiman melaporkan, jumlah hewan qurban ada 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing. ([email protected])

error: Content is protected !!