Mulai Oktober, KPU Bekerja Siapkan 2014

0 16

infowonogiri.com-WONOGIRI-April 2014 Pemilu Presiden dan Wakil Presiden digelar. Sesuai aturan 30 bulan sebelum hari H, pihak Komisi Pemilihan Umum sudah harus mulai melakukan persiapan. Demikian halnya KPU Kabupaten Wonogiri yang sejak Oktober lalu mulai bekerja kembali jelang perhelatan akbar lima tahunan itu.

“Kami sudah mulai tata kembali semua aparatur dan kesekretariatan. Semua fungsi disiapkan kembali. Yang kedua kami akan menyiapkan regulasi terkait pengelolaan daftar pemilih,” kata Joko Purnomo Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Minggu (13/11).

Pengelolaan daftar pemilih perlu disiapkan matang karena tahun 2012 sudah mulai diberlakukan pemakaian e-KTP, sehingga sedikit banyak akan ada perbedaan dibanding dengan KTP biasa.

“Kalau masih dengan database berdasar KTP biasa maka masih dikerjakan secara manual untuk pengelolaan daftar pemilih. Maka masih kita cari mana yang lebih efisien dan autentik, apakah dengan e-KTP atau secara manual seperti biasa,” jelasnya.

Di sisi lain pendidikan tentang Pemilu di sekolah-sekolah masih berlanjut. Pendidikan tentang Pemilu yang masuk dalam pelajaran PKn diberikan pada pelajar SMP dan SMA. Dengan begitu diharapkan saat masuk usia untuk menggunakan hak pilih pelajar-pelajar ini sudah paham. “Untuk yang SMA sudah selesai kita berikan sosialisasi, untuk SMP baru sekitar 40 persen selesai. Akan dilanjutkan di tahun 2013 dan 2014 mungkin sudah selesai. Jumlah SMP lebih banyak dibanding SMA,” pungkasnya.([email protected])

error: Content is protected !!