Mirip Manggis Aroma Serasa Durian

1 141

infowonogiri.com-WONOGIRI-Buah ini apa namanya ya? Bentuknya bulat nyaris sempurna. Warna kulitnya merah hati. Bentuknya hampir mirip seperti buah manggis. Namun berbeda. Kulit manggis sedikit lebih halus dan licin. Sedangkan kulit buah ini seperti kain beludru halus dan berbulu tipis.

Jika dibelah, dari isinya, manggis isi buahnya terpisah dengan kulit dan buahnya berbiji. Sedangkan buah ini tidak berbiji, isinyapun menyatu dengan kulitnya, isi buahnya padat dan empuk. Aromnya, hmmmm….. terasa seperti durian.

Buah ini bisa didapatkan di pohon yang tumbuh di sekitar makam Mojoroto, Wonoboyo Wonogiri. Atau sisi barat makam Pahlawan Mojorot. Di sana ada satu pohon yang tumbuh lebat. Daunnya lebat. Daunnya lebar mirip daun jambu “dersana” atau jambu “thokal”, namun lebih lebar lagi.

Pohon dan ranting serta tangkainya juga mirip pohon jambu dersana dan jambu thokal. Bunga dan buahnya muncul dari setiap ujung ranting. Waktu buahnya masih kecil, tampak berwarna gelap dan tampak kasar. Semakin besar buahnya warnanya berubah menjadi merah hati dan halus.

Semakain matang warnanya semakin terang dan bulu-bulu beludru yang menempel pada kulit semakin tipis. Namun anehnya, saat buahnya matang, aromnya tidak senyaman pada saat dibelah atau dimakan. Saat dibelah aromnya serasa seperti durian. Mau coba?. ([email protected])

error: Content is protected !!