Hadiah Motor Wonogiri Fun Bike 2011 Diduga Menipu

1 100

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tidak diberikannya dua unit hadiah sepeda motor Honda Revo ditengarai sarat dengan permainan panitia Wonogiri Fun Bike (WFB) 2011. Karena diduga panitia mengalami kerugian. Disebabkan jumlah peserta sepeda santai tidak melampau target minimal, maka panitia diduga berusaha merekayasa agar hadiahnya tidak jatuh ke tangan peserta.

Kesimpulan tersebut setelah ditelusuri oleh lembaga perlindungan Konsumen Adyaksa Nusantara Slogohimo, Joko Pranowo dkk, yang disampaikan kepada wartawan ini, Senin (7/11). Dibeberkan, kegiatan sepeda santai itu hanya diikuti kurang lebih sekira 300 perserta. Jumlah peserta dikalikan uang pendaftaran Rp.35 ribu, sama dengan Rp.10.500.000,-.

Bahkan tidak semua tiket yang terjual seharga Rp.35 ribu. Ada banyak tiket yang dijual hanya Rp.30 ribu. “Buktinya ada banyak peserta yang protes, karena membeli tiket Rp.35 ribu sebelum hari H pelaksanaan. Sementara banyak peserta yang membeli tiket pada hari H hanya seharga Rp.30 ribu, bahkan ada yang hanya Rp.25 ribu,” kata Joko seperti laporan diterima dari peserta WFB.

Indikasi paling ketara adalah, Sabtu malam, sehari sebelum pelaksanaan WFB, panitia memberikan tiket gratis kepada calon peserta agar mengikuti WFB. Calon peserta tersebut adalah Destianto (25) warga Sukorejo RT 05 RW 09 Giritirto Wonogiri. Destianto diseting agar mengikuti kegiatan itu dan disiapkan sebagai calon pemenang.

“Bahwa Destianto akhirnya mengikuti WFB dengan tiket gratis. Benar bahwa Destianto dinyatakan sebagai pemenang hadiah utama motor Honda Revo, tapi hingga saat ini tidak menerima hadiahnya,” tandas Joko Pranowo didampingi Sugiyarno. Pemenang hadiah utama lainnya, yakni Muklis Habnan Muntaha alias Bendil juga belum menerima hadiah Honda Revo.

Ketua panitia, Muklas sudah dikonfirmasi melalui telepon, tetapi yang bersangkutan tidak memberikan jawaban. Pada kesempatan sebelumnya, Muklas pernah mengatakan bahwa hadiah itu bisa diambil asalkan pemenang memenuhi syarat pengambilan. Syarat tersebut antara lain membawa identitas diri dan membayar pajak undian sebesar 25% dari harga hadiah utama berupa Sepeda Motor Honda Revo.

Terpisah, pelaksana kegiatan WFB 2011, Tina juga sudah dihubungi. Dia menambahkan, bahwa tiket yang dibawa oleh pemenang (Destianto) adalah milik orang lain. Katanya milik teman Tina, asal Ngadirojo. Menurut Tina, tiket undian tersebut sudah dibeli tetapi tidak diambil oleh pembelinya. Lalu oleh Tina diberikan kepada Destianto. Tina mengatakan keberatan jika disebut merekayasa. ([email protected])

error: Content is protected !!