Awas Herpes !

0 58

infowonogiri.com-WONOGIRI-Apa itu Herpes? Herpes menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, dr H Widodo sama dengan penyakit dompho. Dompho penyakit yang menyerang saraf tepi. Penderita dompho akan menderita luka melepuh pada bagian kulitnya.

Dompho dapat dibagi menjadi dua jenis. Yaitu herpes Zuzter dan Herpes Simplek yang muncul di bagian dekat lubang alami, seperti hidung, mulut, mata, telinga, pusar dan kemaluan. Kedua jenis dompo tersebut menyerang saraf tepi.

“Kalau saraf kiri kena herpes maka semua saraf tepi terkena dampaknya,” tarang Widodo. Tetapi virus ini tidak menyerang saraf otak. Meskipun tidak terlalu berbahya akan tetapi, perlu diwaspadai. Sebab bisa meninggalkan luka berlubang, dan bekas luka berbelang coklat kehitaman.

Dompo tergolong jenis penyakit yang menular. Penularannya atau penyebaranya melalui kontak langsung atau tidak langsung, misalnya melalui pakaian. Utamanya melalui screet atau ilu dari penderita herpes. Dan bisa pula disebabkan karena faKtor cuaca yang kurang bersahabat.

Sedangkan cara pencegahannya, menurut Widodo, adalah dengan cara menjaga daya tubuh. Kondisi tubuh harus selalu fit. Antara lain, istirahat selalu cukup antara 7 sampai 8 jam sehari, makan makanan empat sehat lima sempurna dan rutin olahraga.

Kalau sudah atau sedang terkena dompho, maka cara pengobatannya adalah dengan cara memberi talk salisil pada kulit yang terasa sakit, atau melepuh. Jika sudah pecah atau melempem maka diolesi dengan salep asklofir untuk membantu penyembuhan dari luar.

Sejak peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, menurut Widodo banyak laporan penyakit dompho. Namun Widodo mengaku tidak mengingat berapa jumlah pastinya. ([email protected])

error: Content is protected !!