Sudah Setahun Perahu Bantuan Belum Digunakan Melaut

0 30

infowonogiri.com-PARANGGUPITO- Setelah setahun menganggur, tiga unit bantuan perahu dari pemerintah untuk nelayan di Kecamatan Paranggupito, rencana akan segera dioperasikan untuk melaut, akhir bulan ini mendatang. Selama ini, ketiga perahu itu hanya disimpan di Pantai Waru.

Menurut Ketua Koperasi Nelayan Parang Bahari Paranggupito, Sucipto para nelayan akan melabuhkan perahu tersebut di Pantai Nampu. Disebabkan pantai Waru sekarang banyak batu karang yang berserakan.

Para nelayan belum lama ini juga menerima bantuan berupa 45 unit jaring penangkap ikan, 30 bola penampung, dan 25 kilogram tali. Semua senilai Rp 40 juta. “Kalau tidak ada kendala, rencana nelayan akan melaut dengan perahu bantuan, mungkin dua minggu lagi,” katanya.

Sementara sebagian nelayan mulai membersihkan pecahan batu karang yang berserakan di Pantai Waru. Mereka juga membuat alur dari pantai menuju laut lepas. Hal itu dilakukan agar pantai tersebut tidak terkesan mangkrak.

Asal tahu Pantai Waru diproyeksikan menjadi pelabuhan perikanan melalui dana APBD Wonogiri, sejak 2009 lalu. Calon dermaga telah dibuat di pantai itu. Jalan menuju pantai juga telah dibangun.

Alat berat pernah dikerahkan oleh Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto untuk menyingkirkan batu karang yang menghalangi. Namun, hempasan ombak membuat pecahan-pecahan batu karang itu berserakan di pantai.

Saat ini, perahu para nelayan sebagian besar masih berlabuh di Pantai Sadeng, DIY dan pantai-pantai Pacitan, Jatim. Kecamatan Paranggupito kini terdapat 145 nelayan. Sebanyak 20 orang diantaranya telah dilatih menggunakan perahu.([email protected])

error: Content is protected !!