Kerajinan Genting Girimarto Menjadi Tujuan Studi Banding

0 64

infowonogiri.com-GIRIMARTO-Desa Girimarto, Kecamatan Girimarto menjadi salah satu tujuan utama studi banding dari daerah lain. Sebagian mereka ingin mengetahui kiat sukses memajukan industri kecil, utamannya genting di desa setempat. Mereka mengetahui kemajuan Desa Girimarto semenjak dinobatkan seagai juara harapan II lomba Desa Tingkat Nasional 2011.

Kepala Desa Girimarto, Wuryanto mengatakan, dua daerah telah menggelar studi banding di desanya. Hari ini, rencananya juga akan ada satu daerah lagi yang berkunjung. “Dengan demikian, sampai besok pagi, akan ada tiga daerah yang berkunjung ke desa kami,” katanya, kemarin.
Dibeberkan, tamu pertama yang studi banding adalah Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Karanganyar, pada 13 Oktober lalu. Pemerintah Desa Delik ingin mengetahui bagaimana 367 perajin genting di Desa Girimarto bisa maju. Asal tahu Desa Delik adalah juara lomba Desa di Kabupaten Semarang. Namun, desa tersebut tidak lolos di tingkat provinsi, sehingga gagal maju ke tingkat nasional.
Tamu kedua adalah Desa Wonomulyo, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, Senin (24/10). Desa Bulungan meraih juara satu tingkat provinsi Kalimantan Timur. Tetapi tidak menjadi juara karena tidak lolos sembilan besar.
Tamu keempat adalah Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Kabupaten Grobogan. Tim itu dijadwalkan berkunjung ke Desa Girimarto, Rabu (26/10). “Bukan cuma desanya, tetapi tim sukses tingkat kabupatennya,” katanya.
Nilai lebih bagi Desa Girimarto adalah industri kecil dan kerajinan genting yang kian maju. Kerajinan itu mampu bertahan karena didukung oleh koperasi-koperasi RT-nya. Keberadaan BMT Keluarga Sakinah dan BMT Giri Mulya di Girimarto juga mendukung perkembangan industri kecil di Girimarto. ([email protected])
error: Content is protected !!