Kebutuhan SIM Terus Meningkat

0 103

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tingkat kesadaran masyarakat untuk memperoleh Surat Ijin Mengemudi (SIM) cukup tinggi. Ukurannya pemohon SIM terus mengalami peningkatan.  Pada hari-hari biasa, jumlah pemohon mencapai 75 orang. Sedangkan pada hari-hari libur mendekati lebaran tahun baru dan hari hari besar lainnya, jumlah pemohon bisa mencapai 300 pemohon perhari.

Mengingat jumlah pemohon datang dari berbagai wilayah kecamatan di seluruh Wonogiri yang sangat luas, maka Satlantas Polres Wonogiri mengajukan permohonan mobil SIM keliling. “Permohonan sudah dilayangkan ke Kapolda Jateng. Pertimbangannya  untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat,” kata Kapolres Wonogiri AKB Ni Ketut Swastika, melalui Kasat Lantas AKP Joeharno, Selasa (18/10).
Dalam rangka mempermudah pelayanan permohonan SIM, utamanya C (sepeda motor) dan A (mobil) Satlantas Polres Wonogiri memberikan kemudahan, yaitu melayani permohonan SIM massal. Misalnya mengajukan permohonan secara berkelompok secara bersama-sama. Bisa dimohonkan oleh kelompok kecil sampai kelompok besar. Misalnya 20 orang sampai 100 orang.
Teknisnya, diajukan oleh kelompok pelajar, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan  dan lain lain. Lalu dikoordinir dan kemudian diproses sesuai prosedur. Hasilnya pelayanan lebih mudah cepat dan tepat. “Yang kayak gitu  terakhir permohonan dari warga Jatisrono jumlahnya 120 pemohon SIM.
“Rasanya tidak berlebihan jika Polres Wonogiri mengajukan permohonan mobil SIM keliling,” katanya. Mobil unit SIM keliling, kedepan hanya bisa melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C. “Untuk SIM B belum dapat dilayani melalui mobil keliling. Karena SIM B harus menjalani tahapan psikotes di Mapolres,” tandasnya. ([email protected])
error: Content is protected !!