Kali Pertama Petugas KB Se-Wonogiri Ikuti Outbound

0 51

infowonogiri.com-WONOGIRI-Sejumlah 388 personil PLKB (Petugas Lapangan KB) dan SKD (Sub Klinik Desa) di lingkungan Pemda Wonogiri mengikuti Outbound, Kamis (6/10) di Kompleks Waduk Gajah Mungkur Sendang Wonogiri.

Acara kali pertamanya itu digelar oleh Badan Keluarga Berencana Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Perempuan (BKBKSPP) Wonogiri. Kegiatan bertujuan untuk me motivasi kader pengelola Program KB dalam bekerja di lapangan.Dijelaskan panitia kegiatan, jumlah pengelola program KB di tingkat lini lapangan terdiri dari institusi masyarakat pedesaan/perkotaan dan kelompok catur bina, khusus di SKD terdapat 294 orang. Mereka tersebar di Desa/Kelurahan se Wonogiri.
“Mereka berperan penting karena bersentuhan langsung dengan masyarakat” terang Reni Ratnasari Kepala BKBKSPP. Reni menjelaskan, jumlah penduduk Wonogiri berdasarkan ensus tahun 2010 sebanyak 928.687 jiwa. Laju pertumbuhan penduduk dari tahun 2000-2010 sebesar minus 43% yang persebarannya belum merata antar daerah.“Itu bila tidak ditangani secara serius, akan berpengaruh pada pemenuhan aspek kebutuhan hidup masyarakat yang meliputi aspek sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, budaya, serta daya dukung dan daya tampung lingkungan dengan berbagai kendala yang ditimbulkan seperti sampah, banjir, kesulitan akses udara dan air bersih” jelasnya.
Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto hadir membuka acara Outbound. Mantan pengusaha bus itu bergembira atas ide kreatif jajaran BKBKSPP. “Apresiasi positif atas kegiatan ini. Semua butuh dukungan dan kerja antar petugas pengelola KB di lapangan,” katanya,” sambutnya.Bupati Danar berpesan agar terus meningkatkan semangat dan kinerja sehingga mampu berperan sebagai pengggerak partisipasi masyarakat khusus pengembangan kegiatan operasional Program KB Nasional di Wonogiri. ([email protected])

error: Content is protected !!