Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia

1 36

infowonogiri.com-WONOGIRI–Anda pasti sudah terbiasa mencuci tangan. Tapi bisa jadi mencuci tangan yang benar tidak semuanya benar. Mau tahu cuci tangan yang benar? Tim penggerak PKK Kabupaten Wonogiri yang diketuai Ibu Bupati menggelar mencuci tangan dengan sabun bersama sama, Jumat (21/10) di halaman pendopo rumah dinas Bupati.

Acara itu digelar dalam rangka memperingati Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia yang jatuh pada  15 Oktober 2011. Ibu Bupati Tabitha Danar Rahmanto didampingi Bupati Danar Rahmanto mempimpin langsung gerakan suci tangan dengan sabut bersama 500-an pejabat PNS, guru dan siswa, dan masyarakat. Gerakan demi gerakan cara mencuci tangan secara benar yang diperagakan oleh instruktur ditirukan bersama sama. “Mencuci tangan dengan sabun tindakan yang sederhana dan murah. Tapi hal sederhana ini memiliki manfaat luar biasa. Menurut penelitian, kebiasaan mencuci tangan dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit hampir 50 persen, misalnya diare, kholera, disentri, dan infeksi pencernaan lain,” ujar Bupati Wonogiri.

“Membiasakan mencuci tangan dengan sabun sangat efektif untuk mencegah penyakit-penyakit  yang membahayakan,” tambahnya. Dalam peragaan mencuci tangan yang benar adalah, dibasahi tangannya terelbih dahulu, lalu mengambil sabun secukupnya lalu digosokan ke seluruh punggung dan  telapak tangan dan jari jarinya sampai ke sela sela jemari.

Kepala DKK Kabupaten Wonogiri dr. Widodo, M. Kes mengakui bahwa datangnya penyakit bisa disebarkan dari beberapa hal. Yakni lewat udara, kontak langsung, lewat makanan dan minuman, serta ditularkan karena perbuatan kita sendiri secara sengaja. “Penyakit-penyakit itu bisa diantaranya diare,  batuk, TBC, dan penyakit kulit yang penularannya lewat hal-hal tadi,” imbuhnya. Momentum ini diharapkan dapat membentuk perilaku dan kebiasaan untuk tidak mengabaikan pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebelum memulai dan mengakhiri kegiatan. Usai kegiatan itu Bupati mengajak seluruh hadirin untuk membersihkan lingkungan dengan kerja bakti bersama di sekitar Sekretariat Daerah dan Pendopo Rumah Dinas Bupati. ([email protected])

error: Content is protected !!