Di Wonogiri Tersedia 10 Ribu Hektar Lahan Untuk Jagung Canthel

3 113

infowonogiri.com-WONOGIRI-Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertan) Wonogiri, Ir Guruh Santoso mengatakan, di Kabupaten Wonogiri masih terdapat lahan yang luas untuk budidaya sorgum tanaman sorgum. Luasnya diperkirakana mencapai puluhan ribu hektar. “Luas pastinya saya belum tahu persis. Di sisi selatan Wonogiri ada puluhan ribu hektare,” katanya.

Tanaman sorgum mempunyai toleransi tinggi terhadap lingkungan dan tanah kering. Topografi tersebut dimiliki oleh hampir 65 persen dari luasan Kabupaten Wonogiri. Karena itu, Guruh yakin Wonogiri mampu memenuhi kebutuhan investor untuk pengembangan sorgum. Kabarnya calon investor hanya membutuhkan sekitar 10.000 hektare, dan sekitar 30 ribu calon tenaga kerja.
Di samping itu, masyarakat di beberapa wilayah sudah terbiasa menanam dan mengonsumsi sorgum alias jagung canthel. Namun, selama ini mereka tidak mempunyai pasar yang luas. Jika investor merealisasikan penanaman modalnya, para petani sorgum akan mempunyai pasar yang jelas. Sorgum bisa dikembangkan secara organik.
“Benih sorgum disebar saja mudah tumbuh, tanpa pupuk kimia. Jadi cocok untuk program (go organic) yang dicanangkan Bupati,” ujarnya. Asal tahu, Walikota Solo, Joko Widodo mengantar investor dari Singapura dan Brunei Daruusalam ke Wonogiri belum lama ini, di Pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri. Sorgum dimanfaatkan untuk bahan etanol, tepung sorgum, fertilizer, dan pakan ternak. ([email protected])
error: Content is protected !!