Calon Haji Selundupan Merugikan Muslim Wonogiri

1 28

infowonogiri.com- WONOGIRI-Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho SSos mendesak agar Bupati Wonogiri segera memerintahkan kepada staf dan pembantunya agar segera menggelar rapat kordinasi berkaitan dengan masalah pelaksanaan pendaftaran calon jamaah haji di Kabupaten Wonogiri. Menurut keberadaan calon jamaah haji dari luar Kabupaten merugikan umat muslim Wonogiri.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugroho SSos, Sabtu (1/10) kemarin. “Calhaj dari luar kabupaten dan luar propinsi Jawa Tengah itu merugikan umat muslim yang menjadi daftar tunggu dan calon pendaftar haji di Wonogiri,” ujar utusan dari PDI-P yang ditemui usai kegiatan Haornas kemarin.

Ketua DPRD meminta, agar Bupati Danar Rahmanto segera memrintahkan agar pembantunya membuat surat perintah untuk menyikapi permasalah Calhaj Wonogiri. Wawan mengingatkan masalah haji banyak terjadi di daerah maupun pusat. Untuk membantu agar masalah keruwetan haji terkurangi Pemda harus mulai melaksanaan pendaftaran haji sesuai SE Gubenur Nomor 415/2008 dan kepindahan penduduk sesuai UU Nomor 23 tahun Tahun 2006.

“Kalau tidak disikapi masalah kepindahan penduduk hanya untuk kepentingan haji maka semakin tahun masalah itu semakin ruwet dan akan muncul masalah lainnya,” tandasnya. Ditambahkan, permasalah haji adalah permasalah colektif collegial, karena itu semua yang berkopentent urut serta memikirkan untuk menyelesaikanya.

Tidak hanya oleh Kementrian Agama namun bersama sama oleh Pemda. Asal tahu, di Kabupaten Wonogiri tahun ini terungkap banyak Calhaj selundupan yang jumlahnya mencapai 56 orang. Dikatakan selundupan karena calhaj tersebut berasal dari Kabupaten dan Propinsi luar Wonogiri Jateng. Mereka menggunakan KTP wilayah Wonogiri tetapi terbukti tidak berdomisili wilayah setempat. ([email protected]nogiri.com)

error: Content is protected !!