Calhaj Dari Jatim dan Madura Padati Hotel Wonogiri

2 46

infowonogiri.com-WONOGIRI-Sejumlah Calon Jamaah Haji (CJH) yang berasal dari luar Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah memadati beberapa hotel di Wonogiri Kota. Mereka datang dari Kabupaten Bangkalan Madura, Sidoharjo Jawa Timur dan Ponorogo Jawa Timur.

Hasil pantauan infowonogiri.com, Sabtu malam (22/10) ada 30 CJH yang berasal dari Propinsi Jawa Timur yang berangkat melalui quota Kabupaten Wonogiri Jateng. Mereka tergabung ke dalam Kloter (Kelompok terbang) 72 dan 73.
Asal tahu mereka menginap di hotel Wonogiri kota, karena mereka tidak memiliki keluarga di Kabupaten Wonogiri. Mereka bisa berangkat karena diupayakan oleh oknum KBIH (Kelompok Bimbingan Jamaah Haji) di Wonogiri. Oknum KBIH memasukkan data CJH ke dalam KK penduduk Wonogiri untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Wonogiri.
Semenara pemberangkatan CJH Kloter 72-73 secara resmi diberangkatkan oleh Bupati Wonogiri pada Minggu (23/10) secara bersama sama, dalam dua tahap. Tahap pertama diagendakan pada pukul 13.00, namun faktanya baru diberangkatkan tepat pukul 15.00, dan pada pukul 19.00. dari halaman pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri.
Berikut rincian Calhaj selundupan dari luar Kabupaten Wonogiri Jateng, di Hotel PKPN Jl. Murti Pranoto ada 10 orang CJH. Ke 10 CJH itu berasal dari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoharjo Jawa Timur. Mereka dipimpin oleh H. As’ari.
Anggotnya adalah Imam Ghozali (48), Ahmadin (50), Suliani (45), Sodikin (58), Solihan (52), Hasanah (50), Janji (61), Saumi (52). Mereka mengaku memiliki KTP Wonogiri dengan alamat Jatirejo RT 015 RW 02 Wonoboyo Wonogiri. As’ari mengaku masih keluarga Naning PNS di UPT Dinas Kebakaran Kabupaten Wonogiri.
Sementara yang menginap di hotel Cendrawasih ada 18 Calhaj. Antara lain, Misiah (60), Amin (65), Anisah, Samsul, Maisaroh, Khisiah asal Sukolilo Barat Kabupaten Bangkalan. “Jumlah pesertanya ada 16 Calhaj, ditambah dua orang driver (supir),” kata salah satu Calhaj. Namun dia mengaku tidak mengenali namanya. Rombongan ini diketuai oleh Samsul, namun tidak berhasil ditemui.
Sedangkan di Hotel Giriloka Jl. Jendral A. Yani Wonogiri ada dua Calhaj, yakni Sriyati (55) dan Kiyai Romdoni. Mereka adalah Calhaj asal Babadan Ponorogo Jawa Timur. Menurut Sucipto, keluaranya, jumlah Calhaj dari Ponorogo ada 30 orang. “Namun baru berangkat Minggu pagi, karena mereka berangkat dari Wonogiri jam 7 malam,” katanya. ([email protected])
error: Content is protected !!