Brunei dan Singapura Jajaki Investasi Jagung Chantel

3 74

infowonogiri.com-WONOGIRI- Walikota Solo, Joko Widodo mengantar beberapa orang calon investor asal Brunei Darussalam dan Singapura ke Kabupaten Wonogiri. Para pengusaha tersebut berencana akan menanamkan investasinya ke Wonogiri, khusus bidang sorgum (jagung chantel).

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mempertemukan pengusaha itu dengan Bupati H. Danar Rahmanto, Rabu (12/10) di rumah dinas Bupati Wonogiri. Jokowi mengungkapkan, para investor tersebut akan mencari lahan pertanian untuk menanam sorgum. “Mereka mencari lahan pertanian yang cocok untuk sorgum. Menurut saya cocok di Wonogiri yang bukan kawasan persawahan,” katanya.

Diperkirakan investor membutuhkan lahan minimal 10.000 hektare dan petani pekerja sekira 30.000 orang. Selain ke Wonogiri, Jokowi juga juga mengarahkan ke Kabupaten Sragen. Di Wonogiri sudah dua kali dilakukan. “Solo biar buat kantornya saja,” ujarnya.

Bupati  H. Danar Rahmanto menambahkan, pertemuan yang dilakukannya untuk menjajaki kerja sama tanaman pangan. “Ini untuk menjajaki kerja sama tanaman sorgum. Kami juga sudah orientasi lapangan bersama atase Eropa serta investor dari Brunei dan Singapura,” katanya.

Survei dilakukan di Kecamatan Manyaran, Wuryantoro, Pracimantoro, dan Giritontro. “Masyarakat sudah biasa menanam sorgum tetapi tidak tahu pasarnya. Dengan adanya investor itu, sekarang ada jaminan pasarnya. Seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan alias zero waste,” pungkasnya.

Topografi Wonogiri, menurutnya cocok untuk tanaman sorgum. Tanah yang akan dipilih bukan tanah agraris atau persawahan, sehingga tidak mengganggu produksi tanaman pangan lainnya. Sorgum bisa bermanfaat untuk bahan etanol, tepung sorgum, fertilizer, dan pakan ternak. ([email protected])

error: Content is protected !!