Quota 3.649 RT Miskin Wonogiri Minta Diusulkan Ke Pusat

0 35

infowonogiri.com-WONOGIRI-Program Keluarga Harapan (PKH) adalah salah satu program pemerintah untuk percepatan pengentasan kemiskinan di Indonesia. PKH ini ditujukan untuk penanggulangan rumah tangga yang benar-benar miskin. Utamanya anggota keluarga yang terdapat ibu hamil, balita dan anak usia sekolah pendidikan dasar.

Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan alokasi dana dari pemerintah pusat. Pelaksanaan PKH di Wonogiri sampai saat ini sedang berjalan. Data dari Bapermas Wonogiri, RTM di Wonogiri pada tahun 2009 mencapai 360.380 rumah tangga.

Dana alokasi PKH untuk Wonogiri sebesar Rp 10.967.200.000 untuk 9.112 RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) di 19 dari 25 Kecamatan se Wonogiri. Hal itu diungkapkan Plt Dinas Sosial Kapupaten Wonogiri Edi Sutopo, saat menggelar rapat koordinasi PKH tingkat Kabupaten di RM. Masakan Jawa, Selasa (27/9). Rakor menghadirkan narasumber Sunarti dari Kemensosos RI, Dinsos Prov. Jawa Tengah, Bappeda Wonogiri, dan Dinsos Wonogiri.

Sekda Wonogiri Budisena mewakili Bupati menyatakan di Wonogiri masih cukup banyak keluarga miskin yang belum mendapat perhatian. “Walaupun masyarakat Wonogiri banyak merantau ke Kota dan tergolong sukses, namun masih banyak masyarakat  yang miskin,” jelasnya.

Data dari Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) Tahun 2011 oleh BPS Kabupaten Wonogiri diperoleh  sisa quota sejumlah 3.649 RTSM  yang belum terserap. “Kami mohon Direktur Jaminan Sosial Kemensos RI segera mengusulkan menjadi data penerima bantuan PKH di tahun 2012. Harapan kami pada tahun yang akan datang Wonogiri dapat perhatian dari pemerintah,” pungkasnya. ([email protected])

error: Content is protected !!