Pentas Ludruk untuk Pemudik

0 58

infowonogiri.com-PURWANTORO-Warga Dusun Dadakan Desa Tegalrejo Kecamatan Purwantoro malam Minggu (3/9) ini tampaknya keluar rumah semua.Sebab malam itu di desa setempat sedang digelar halal bilhalal antar warga dengan perangkat pamong setempat. Tentu warga berkepentingan datang kecuali yang loro sedang (sakit).

Buktinya acara yang digelar di halaman warga itu dipadati ratusan bahkan mungkin ribuan umat. Yang membuat daya tariknya cukup kuat adalah malam itu ada hiburannya, yaitu ludruk Taruna Jaya Karanglo pimpinan dan pembina Soimin.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Sunarmin SH tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Wonogiri. Dalam keterangannya wakil rakyat dari PAN ini menjelaskan, acara halal bilhalal ini dihadiri oleh para perantau yang mudik lebaran tahun ini dengan warga non perantau. “Tujuannya ya silaturahmi guyub rukun sekaligus hiburan nonton ludruk” kata Sunarmin.

Selain di Dadakan, di lapangan Biting Purwantoro juga digelar pentas Ketoprak, kesenian khas Jawa.kanto di lapangan perangkat acara ketoprak tersebut juga untuk menghibur warga setempat dengan pamong praja yang sebelumnya dilaksanakan halal bilhalal untuk kali keduanya.

Di tempat lain, Sunarmin menginformasikan, di Desa Bakalan digelar turnamen bola volly dan badminton selama seminnggu. Pesertanya adalah warga pemudik dan warga menetap di desa setempat. “Jadi bagi yang suka kesenian ya diadakan hiburan yang suka olahraga ya diadakan lomba olahraga,” kata Narmin.

Ada sepakbola, bulutangkis dan volly yang diikutim tim antar RT, antar RW, antar Desa. Sunarmin sebagai pemrakarsa menyebutkan hadiah pertandingan itu berupa satu ekor kambing, piala dan uang pembinaan. Saat puasa lalu juga digelar buka bersama dan pembagian bantuan dan santunan materi untuk peserta. ([email protected])

error: Content is protected !!