Pemerintah Diminta Pantau Harga Tiket Bus

0 90

infowonogiri.com-WONOGIRI-Beberapa calon penumpang bus dari Wonogiri jurusan Jakarta mengeluhkan kenaikan harga tiket bus. Seperti yang dikemukakan oleh Edi (25) dan Prasetyo (35) dua orang penumpang dari terminal Giritontro yang akan kembali ke terminal Cibitung Bekasi Jawa Barat.

Edi mapun Prasetyo, pada Senin (5/9) lalu keduanya berangkat ke Bekasi menggunakan jasa angkutan Po. Bus Agra Mas. Tiket bus Agra Mas yang dibeli dari agen seharga Rp.300 ribu dengan komposisi 2/3 seet tanpa toilet. Informasi yang diperoleh dari Agen, harga tiket bus PO berbeda satu sama lain. “Mohon pemerintah kami minta untuk memantau harga tiket bus Wonogiri – Jakarta. Jangan sampai harga tiket dijual terlalu mahal melebihi harga batas atas batas bawah,” katanya.

Misalnya Agen PO Handoyo menjual tiket Rp.290 ribu untuk Patas AC plus toilet dengan komposisi 2/2 seet. Sementara PO Serba Mulya dan PO Putra Mulya menjual tiket Rp.300 ribu dengan fasilitas AC. Sedangkan PO Sumba Putra 320,000 dan PO GMS Rp.330 ribu. Gajah Mungkur tiket dari Giritontro habis terjual pada Lebaran H+6.

Sebagai perbandingan, selain pada waktu lebaran, harga tiket bus ekonomi hanya berkisar Rp.110 ribu. Sedangkan Patas AC seharga Rp.190 dan harga tiket bus Big Top hanya mencapai Rp.330 hingga maksimal Rp.350 ribu.
“Harga tiket Bigtop saat ini kabarnya Rp.500 ribu sampai Rp.600 ribu,” ujar Prasetyo. Fasilitas Bigtop, biasanya penumpang mendapatkan satu kali snak dan air mineral. Fasilitas tempat duduknya satu sith untuk satu penumpang. Bigtop dilengkapi pula AC, Toilet dan satu kali makan.

Sementara pantauan infowonogiri.com dapat dilaporkan, sampai H+6 arus balik dengan tujuan Jakarta dari terminal Giritontro tampak ramai. Sebagian penumpang lebih memilih angkutan bus karena dari wilayah Giritontro bus adalah satu satunya alat transportasi masal. Selain bus tidak ada alat angkut lain. ([email protected])

error: Content is protected !!