Nasi Timbel Ikan Terbang Rasa Pasti

1 139

infowonogiri.com-SLOGOHIMO-Satu lagi rumah makan hadir di Wonogiri. Bagi pecinta kuliner, yang menyukai masakan khas Jawa Barat dan Jawa Tengah tidak perlu bingung. Pasalnya di Wonogiri ada rumah makan baru yang memadukan menu khas Sunda Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu Rumah Makan (RM) Rasa Pasti III. RM. Rasa Pasti III ini adalah milik Sugiyarno warga setempat.

RM Rasa Pasti III bergaya “Cafe and Resto”  ini di buka pukul 20.00, Jumat (8/9) kemarin. Beralamat di Jl. Raya Wonogiri – Purwantoro, tepatnya di Desa Nusupan Kecamatan Slogohimo. Lebih tepat lagi di sisi utara SPBU Nusupan Slogohimo, atau pertigaan Nusupan Slogohimo-Bulukerto-Purwantoro. Pembukaan rumah makan kemarin malam cukup meriah. Hadirin di hibur seni musik tradisional terbangan dan organ tungal (electone). Suasana kian gayeng saat hadirin menyumbang lagu secara bergantian.

Tampak hadir sekitar 150 undangan, antara lain perwakilan Muspika, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. Para tamu memenuhi kursi di lahan seluas kurang lebih 200 M persegi. Mereka duduk lesehan di area saung (rumah gubuk) ala Jawa Baratan. Menurut pengelola rumah makan itu, RM. Rasa pasti menyediakan menu 20 jenis masakan ala Sunda-Jawa. Menu spesialnya adalah “Nasi Timbel dan Ikan Terbang”.

Nasi timbel adalah nasi putih yang dikemas dengan daun pisang dan di matengkan lagi agar lebih tanak dengan di bakar. Sedangkan “Ikan Goreng Terbang” adalah menu ikan gurami yang di goreng dengan minyak, namun sebelum di goreng terlebih dahulu dibentuk bersayap sehingga seperti ikan terbang. Menu lain ada nasi kucing, dan berbagai masakah khas Jawa Wonogiren dan Sunda. Tersedia pula berbagai minuman seperti rumah makan lainnya.

Sugiyarno mengatakan RM. Rasa Pasti III ini adalah yang ke tiga. RM Rasa Pasti I ada di Jl. Rawa Semut Bekasi Timur, Rasa Pasti II di Jl. Cut Mutya Bekasi Timur. Meski Sugiyarno cukup sukses di Jakarta namun dia tidak melupakan tanah kelahiranya. Karena itu dia membuka cabang RM. Rasa Pasti III di tanah leluhurnya, di Nusupan Slogohimo. Harapannya, RM. Rasa Pasti ini bisa memberi peluang kerja masyarakat sekitar.

“Saya juga membuka usaha lain di Jakarta, yaitu rental mobil dan laundry,” tutur pengusaha muda ini. Alasan memilih pertigaan Nusupuan Slogohimo karena lokasinya cukup strategis. RM Rasa Pasti III ini terletak dekat dengan jalan Raya Wonogiri Purwantoro. Akses jalan ini mudah diakses dari Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Purwantoro, Ponorogo, Magetan, Pacitan Jawa Timur dan sekitarnya. ([email protected])

error: Content is protected !!