MTA dan TNI Donor Darah

0 45

infowonogiri.com-JATISRONO-Ratusan jamaah Majlis Tafsir Al-Quran (MTA) Kecamatan Jatisrono menggelar kegiatan sosial kemanusiaan donor darah, di gedung MTA Kecamatan Jatisrono, beberapa waktu lalu. Disusul korp TNI Kodim 0728 Wonogiri melaksanakan kegiatan donor darah.

Joko Pranowo salah satu pendonor mengatakan, kegiatan donor darah oleh jamaah MTA, memang rutin digelar, yaitu setiap tiga bulan sekali. Kegiatan itu bahkan dilakukan sudah sejak tahun 2000,an silam. Awal ketika donor darah digelar hanya diikuti oleh pengurus MTA yang jumlahnya hanya belasan.

Tetapi lambat laun kegiatan donor darah itu diikuti oleh jamaah MTA se Kecamtan Jatisrono. Jumlah yang mendonorkan darahnya pun tergolong banyak bisa mencapai 250 hingga 300 orang untuk sekali kegiatan. “Semua ikut dengan kesadaran tanpa ada paksaan,” ujar Joko Pranowo.

Total jumlah pendonor MTA Kecamatan Jatisrono kemarin ada 316 orang. Pengambilan donor darah dikerjakan oleh UPTD PMI Cabang Wonogiri, dipimpin langsung oleh dr Martini. Martini berharap kegiatan donor darah dari MTA ini terus berkelanjutan, sehingga UPTD Kabupaten Wonogiri tidak pernah kekurangan stok donor.Sementara, sebanyak 40 personil TNI mengikuti donor darah untuk memperingati Hari TNI ke-66, pada Kamis (8/9) silam. Donor darah digelar di Korem 074/WRT Surakarta. Kegiatan serupa juga diikuti oleh TNI Kodim 0728/Wonogiri, Senin (19/9) lalu. Diikuti oleh 82 TNI, PNS TNI, PNS Umum, Karyawan Swasta dan Persit.

Kapten Czi Parwoto menyampaikan, selain donor darah juga dilaksanakan karya bakti renovasi rumah untuk warga miskin sebanyak 11 KK di wilayah Wonogiri, Selogiri, Ngadirojo dan Jatiroto. “Ada juga karya bakti pembangunan buck deker 3 buah dan rehab masjid 1 buah di Desa Sukoharjo, Tirtomoyo mulai 26 September untuk mendukung TMMD Sengkuyung II Tahun 2011” jelasnya.

Pada 30 September mendatang akan dilaksanakan pembersihan Monumen Perjuangan di Krisak Selogiri dan pengecatan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, Mojoroto, Wonoboyo Wonogiri.

Tahun ini, peringatan ke-66 Hari TNI Tahun 2011 dipusatkan di Korem 074/WRT. Akan digelar operasi bibir sumbing gratis pada 23 September di RST. Slamet Riyadi Surakarta. Juga akan digelar pasar murah, pijat refleksi dan potong rambut gratis, pengobatan umum dan gigi gratis.

Dilanjutkan operasi hernia gratis dengan syarat maksimal usia 18 tahun pada 24 September. Puncaknya, 5 Oktober 2011, 20.00 WIB digelar wayang kulit dalang Ki Anom Suroto, Ki Warseno Slank, Ki Bagong Darmono dan Ki Prasetyo Bayu Aji dengan lakon “Gatotkoco Lahir”. Rencana hadir bintang tamu Kirun, Cak Diqin dan Gareng. ([email protected])

error: Content is protected !!