Bangun Jembatan Dengan Dana Pribadi

0 84

infowonogiri.com-WONOGIRI-Di Dusun Watulembu RT 02 RW 05 Desa Puloharjo Kecamatan sedang dibangun jembatan yang menghubungkan lintas penduduk di Desa setempat. Pembangunan jembatan sungai itu telah dimulai sejak Rabu (14/9) lalu dan diperkirakan akan memakan waktu sekitar sebulan.

Sampai Jumat (23/9) tampak pembangunan baru memasuki tahap pengerjaan talud jembatan di sisi utara. Sementara sisi selatan belum dikerjakan. Tampak lima orang pekerja sibuk mengerjakan proses pembuatan talud.Paidi (65) pekerja pembangunan jembatan tersebut, menceritakan, jembatan tersebut dibangun di atas sungai Kali Lembu Desa Watu Lembu Kecamatan Eromoko. Volume jembatan direncanakan akan dibuat selebar 4 meter dan sepanjang 8 meter, atau menyesuaikan lebar sungai tersebut.

Selama ini, menurut Paidi, sebelum jembatan dibangun, warga lintas penduduk antar RT dan antar RW harus menyeberangi sungai Kali Lembu untuk bisa bertemu atau bekumpul, karena sebelumnya tidak ada jembatan apapun.

“Kalau pas kemarau seperti sekarang nyeberang gak apa apa karena kering. Tapi kalau musim penghujan dan banjir terpaksa harus keliling memutari desa Watulembu melewati jalan raya,” ujar Paidi. Asal tahu, di Desa Watu lembu ada sungai yang membentang di tengah perkampungan Desa setempat.

Menurut Paidi, pembangunan jembatan tersebut dibiayai oleh Parimin (50) warga setempat yang sehari harinya merantau di Kalimantan. Berapa dana yang dianggarkan warga tidak ada yang mengetahuinya. “Seluruh biaya ditanggung pak Parimin, berapapun habisnya dibayari dia,” katanya.

Kamis malam (22/9) lalu digelar bersih dusun sekaligus digelar doa bersama agar pembangunan jembatan berjalan lancar. Usai doa bersama digelar pentas wayang kulit di halaman rumah Ketua RW setempat, dengan lakon Wahyu Dewarna yang dibawakan oleh dalang Ki Suyati Gondocarito. ([email protected])

error: Content is protected !!