Anak Yatim Ambil Uang Kotak Amal

1 50

infowonogiri.com-WONOGIRI-Apes benar nasib anak yatim bernama Suranto (18th) ini. Pria yang beralamat di Dusun Tulakan Desa Jatinom Kecamatan Sidoharjo ditangkap masa lalu diserahkan ke polisi karena dituduh mencuri uang kotak amal di masjid Al Huda Desa setempat.

Pria yang hanya lulusan SD itu  mencuri kotak amal pada pertengahan puasa lalu, namun baru ditangkap polisi dua hari yang lalu, tepatnya Selasa (6/9). Penangkap dilakukan oleh warga setempat sekira pukul 22.00.

Modusnya, cah lanang yang di tinggal ibunya sejak balita itu memang sering ke masjid baik untuk beribadah atau tujuan lain. Bahkan terkadang dia bermalam di masjid itu sampai pagi. Karena pelaku memang sudah tidak punya rumah.

Dulu, dia tinggal bersama Budenya. Namun sekarang karena Budenya sudah jompo tidak lagi merawatnya. Ayahnya merantau dan telah menikah lagi, kabarnya hanya bekerja serabutan, tetapi tidak jarang pulang ke Sidoharjo.

Karena itulah Suranto hidup luntang-lantung tanpa pekerjaan, alias menjadi pengangguran. Bingung tidak punya uang perut keroncongan butuh makan, ia nekad mengambil uang sebesar Rp.150 ribu. Modusnya, dia mengambil kunci kotak amal yang ditemukan di gantungan paku tiang mushola.

“Saya ambil uangnya dengan  kuncinya yang nyantol di paku tiang masjid. Karena saya bingung tidak punya uang. Uang itu habis untuk makan. Saya ketahuan mencuri uang karena saya sering bermalam di masjid. Warga tahu dan kemarin malam sya ditangkap dan dipukuli” ungkap pemuda ini.

Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika melalui Kasatreskrim AKP Sugiyo mengatakan pelaku ditangani Polsek Sidoharjo. “Hari ini pelaku diserahkan ke Polres. Pelaku kita jerat dengan pasal 303 KUHP,” kata Sugiyo, Kamis (8/9). ([email protected])

error: Content is protected !!