418 Calhaj Wonogiri Siap Berangkat

0 51

infowonogiri.com-WONOGIRI-Data terakhir jumlah calon jamaah haji (Calhaj) Indonesia di Kabupaten Wonogiri tahun 2011 ada sebanyak 418 orang. Sementara pendaftar calhaj pada Juli 2012 baru akan dilayani pada 2018. Untuk memesan kursi sebagai calhaj diwajibkan membayar Rp 25 juta.

Saat ini jumlah calhaj yang termasuk dalam daftar tunggu (waiting list) sudah mencapai 2.623 orang pendaftar. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Ali Yatiman, Senin (12/9) di Kantornya. Ali membeberkan mayoritas calhaj terdiri terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) utamanya guru peraih status sertifikasi. “Tahun ini calon haji didominasi PNS guru sebanyak 131 orang,” tutur Ali Yatiman.

Sedangkan calhaj lain adalah pedagang 48 orang dan ibu rumah tangga 49 orang. Karyawan swasta ada 86 orang, petani/nelayan ada 27, BUMN/BUMD enam, dari TNI/POLRI dua orang, pelajar tiga orang dan profesi lain ada 64 orang. Berdasarkan jenis kelamin terdapat 203 pria dan 215 wanita.

“Sebelumnya tiga orang mundur karena berhalangan. Karena hamil dan karena ingin berangkat tahun berikutnya agar bisa bersama keluarganya,” kata Ali lagi. Dikatakan, kuota jemaah haji tahun ini beda dengan sebelumnya yang dibagi menjadi setiap provinsi. Tahun ini, semua kabupaten/kota harus berebut kuota provinsi sebanyak 29.657 orang. ([email protected])

error: Content is protected !!