Selama Operasi Ketupat Tak Ada Tindakan Represif Satlantas

0 26

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ada hal menarik selama operasi Ketupat, yaitu mulai H-7 lebaran sampai H+9 lebaran dipastikan tidak akan ada tindakan represif oleh jajaran kepolisian satuan lalulintas Polres Wonogiri.

Tujuannya tidak lain adalah dalam rangka memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan hari raya idul fitri tahun 1432H. Hal itu dikemukakan Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika melalui Kasatlantas AKP Joeharno SH usai Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2011, Senin (22/8/), apel digelar di alun alun Giri Krida Bhakti Wonogiri. “Selama gelar operasi ketupat tidak ada tindakan represif dari Satlantas, seperti apapun kesalahannya tidak akan ditilang, tidak boleh ditilang,” ujar mantan Kasatlantas Polwil Pekanlongan itu.

Dibeberkan, seberat pelanggaran apapun dan kesalahan jenis apapun yang dilakukan oleh  pengendara motor maupun mobil pihak kepolisian tidak akan melakukan tindakan penilangan. Namun demikian, diharapkan masyarakat tidak salah tafsir dan salah kaprah dalam memahami gelar  operasi ketupat ini. “Tetap waspada demi keamanan dan keselamatan diri maupun orang lain dalam berkendara,” ingatnya.

Menurutnya, larangan ada adanya tindakan represif dari Satlantas selama operasi ketupat  adalah perintah Kordalantas Mabes Polri. Operasi ketupat adalah operasi kemanusiaan dan barang. Manakala terjadi pelanggaran lalulintasa di manapaun dan kapanpun solusinya adalah pembinaan dan pengarahan.

Yang lebih asik lagi, selain tidak ada penindakan represif adalah Kapolri lebaran tahun ini mencangkan “Mudik Asik”. “Intinya layani masyarakat mudik se asik asiknya,” katanya. “Misalnya ada  pengendara motor tidak menggunakan helm, kebetulan tertangkap ya kita bina, motor kita tahan, lalu  pengendara kita suruh ambil helm dulu,” pungkasnya.

Sementara gelar apel operasi ketupat diikuti oleh sekitar 500 lebih kekuatan lengkap, yang  terdiri dari dua pertiga dari 780 anggota Polres Wonogiri, TNI, Linmas, Satpol PP, PMI, SAR, Senkom, Pramuka, Tenaga Kesehatan, Orari, RAPI dan pemuda Ormas dan Orsospol. Apel kemarin dihadiri oleh  pejabat Muspida Plus. Bupati Wonogiri Danar Rahmanto hadir sebagai Inspektur Apel. Sedangkan Kasatlantas AKP Joeharno menjadi Komandan Apel Gelar Ops Ketupat 2011. ([email protected])

error: Content is protected !!