Lebaran Bersama Warga Dusun Rukun Sembelih 4 Ekor Sapi

0 27

infowonogiri.com-WONOGIRI-Kekompakan dan Kerukunan warga Dusun Sampang Desa/Kecamatan Karangtengah  perlu ditiru. Untuk menyambut lebaran dan dalam rangka memerkokoh tali silaturrahim warga menyembelih empat ekor sapi yang disalaksanakan oleh setiap Dusun di Desa Sampang Kecamatan Karangtengah, seperti yang dilakukan oleh warga Sampang, Minggu (28/8).

Sukarno Kadus Sampang mengemukakan sapi yang disembelih dibeli dari uang iuran warga, perekor seharga Rp.5 juta untuk satu ekor sapi dewasa. Setiap warga dikenakan iuran sebanyak Rp.200 ribu. Seluruh warga Dusun Sampang membeli sapi sebanyak 4 ekor sapi. Setelah dipotong kulit daging dan tulang dibagi rata untuk seluruh kepala keluarga.

Warga Sampang tercatat ada 159 KK. Namun tidak semua membayar iuran. Yang tidak iuran karena keterbatasan keuangan. Mereka yang tidak turut iuran biasanya justru akan dibantu oleh warga lain yang merasa lebih mampu. Tujuan pemotongan menurut Sukarno adalah untuk menyambut hari kemenangan. “Ini untuk pesta hari raya lebaran, rencana lebaran di sini Selasa (30/8),” ujarnya.

Kegiatan semacam ini sudah berjalan tiga tahun dan terus akan dipertahankan agar tetapberlanjut. Perorang bisa menerima 7kg daging jerohan, kulit dan tulang. Satu ekor dibagi untuk menjadi 25 orang. “Rasanya iuran seperti ini lebih ringan dari pada mebeli perorangan. Kenapa yang dibeli sapi karena daging sapi semua orang mau, tapi kalau kambing ada yang gak doyan,” pungkas Endang. ([email protected])

error: Content is protected !!