Informasi Syetan Dibelenggu Itu Cukup Menggelitik

0 41

infowonogiri.com-WONOGIRI-Majlis pengajian Minggu pagi (14/8) di masjid Al Furqon Wonogiri menghadirkan penceramah H. Martanto asal Donoharjo Wonogiri. Ada satu hal yang cukup menggelitik dari para ulama/penceramah yang menginformasikan, bahwa selama bulan suci ramadhan pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan syetan dibelenggu.

Menuru Martanto, syetan itu tidak akan pernah berhenti menggoda dan selalu kreatif membuat tipudaya. Syetan setiap harinya bahkan setiap detik selama hidupnya bekerja menyesatkan manusia. Syetan mempunyai sifat yang pintar licik n picik. Syetan menggoda dengan cara hal hal yang menyenangkan.

Inilah tugas manusia untuk melawan syetan. Caranya manusia harus mengetahui cara syetan memasuki pintu-pintunya. Syetan menggoda melalui hati, darah, dan hal-hal yang indah. Tipu daya syetan yang paling bahaya adalah melalui marah dan syahwat. Marah dan syahwat bila muncul pada diri manusia maka akan dipermainkan oleh syetan. Amarah dan syahwat telah mengalahkan akal sehat. Contoh anak membunuh ibunya, suami membunuh istrinya.

Kedua adalah sifat dengki dan tamak. Sifat ini bisa menghancurkan amal ibadah kita. Tamak bisa membuat buta dan tuli manusia. Segala cara akan dilakukan untuk menghancurkan kebaikan. Pintu ketiga adalah kenyang dengan makanan. Kenyang makanan bisa menjadikan pintu masuk syetan.

Kenapa? Karena kenyang menjadikan kelalaian. Kenyang dekat dengan kantung dan tidur. Dampaknya kalau sudah kenyang menjadikan malas beribadah. Ada enam dampak kekkenyangan. 1) Kenyang menghilangkan rasa takut kepada Allah. 2) Mengira semua kenyang menjadikan kita tidak peduli dengan org lain. 3) Menghambat ketaatan kepada Allah. 4) Tidak tanggap dan sulit menerima hikmah. 5) Apabila menyampaikan nasehat dan hikmah tidak  menyentuh hati orang lain. 6) Meninmbulkan banyak penyakit.

Pintu syetan keempat; Suka berhias adalah pintu syetan karena tidak ada kepuasan dalam berhasias. Kelima; Tamak kepada manusia. Syetan akan merongrong melalui sifat manusia ini. Poin kelima ini maknanya adalah riya, ada orang lain yang dipamrihinya. Org yg dipamrihinya akan menjadi sesembahan.

Sering kali hal ini rusak atau tidak sesui dengan tujuan karena salah atau ada masalah. Riya adalah sifat yang ditakuti rasullullah. Riya adalah sirik ringan. Riya menyebabkan manusia tidak sadar bawha itu perbuatan dosa. Keenam terburu-buru adalah sifat syetan. Sebab terburu- buru tidak menyelesaikan masalaah atau mempercepat tujuan.

Terburu-buru adalah sifat syetan, berhati hati adalah sifat manusia. Pintu syetan yang lain adalah kekayaan. Harta kekayaan dapat menjerumuskan manusia ke jurang jahannam paling dalam. Maka harta benda harus dibersihkan dengan dizakati. Kedelapan adalah takut miskin/  bakhil. Sahabat nabi, Sufyan berkata syetan tidak punya senjata seampuh rasa takut miskin. Bakhil ini akan menjadikan penyakit hati dan pikiran.

Kesembilan fanatik pada madzhab (golongan), ini dapat mengakibatkan perpecahan umat. Toleran dan menghargai pendapat sesama mukmin. Fanatik cenderung mengkultuskan seseorang. Kesepuluh mengajak orang awam untuk berfikir tentang Allah dan zatNya. Contoh debat kusir soal alam n kekuasaan Allah bagi orang awam hanya akan menjerumuskan keimanan. Dan kesebelas adalah buruk sangka terhadap muslimin. “Hai orang orang yang beriman jauhilah kebanyakan dari prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa,” QS. Alhujarat 12. ([email protected])

error: Content is protected !!