Gubenur Sediakan 140 Armada Bus Untuk Pemudik Gratis

0 41

infowonogiri.com-WONOGIRI-Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyiapkan 140 armada bus bagi para pemudik gratis lebaran 1432 H tahun ini. Bus sebanyak itu untuk mengangkut warga penduduk Jawa Tengah yang merantau di wilayah Jabodetabek. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika Kabupaten Wonogiri, IG Budiyanto didampingi Ruswargiatmo usai rapat kordinasi litas Muspida Pemda Wonogiri, Kamis (18/8) di Mapolres Wonogiri.

“Gubernur jawa tengah menyediakan 70 armada bus gratis untuk pemudik. Ditambah lagi sebanyak 70 armada bus yang dibagikan untuk 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah, jadi masing masing Kabupaten/Kota 2 armada bus, termasuk Wonogiri juga dapat dua bus,” ujar Ruswargiyatmo.

Sementara pemudik gratis dengan tujuan Kota Wonogiri akan mendapatkan perlakuan khusus dari Pemda Kabupaten Wonogiri. Pemda akan menyiapkan armada angkutan masal untuk mengantarkan pemudik gratis sampai ke Kota Kecamatan tujuan. Mengingat lebaran tahun-tahun sebelumnya pemudik gratis hanya didrop sampai di terminal induk Giri Adipura saja. “Pemerintah berencana menyediakan angkutan massal untuk pemudik gratis,” ujar Bambang Haryadi Asisten II Sekda Pemda Wonogiri.

Asal tahu terminal Induk Wonogiri terletak Kota Kabupaten, tepatnya di Kecamatan Selogiri. Padahal pemudik gratis dari kota Kecamatan sisi timur dan selatan Wonogiri yang jaraknya mencapai 50-75Km dari Kota Kabupaten, seperti di wilayah selatan Paranggupito, Karantengah, Batuwarno, Giritontro dan Giriwoyo. Di wilayah timur Kismantoro, Bulukerto, Puhpelem, Purwantoro dan sekitarnya.

Kajari Sukaryo yang juga hadir dalam Rakor tersebut, mengusulkan agar keamanan dan  kenyamanan lebih terjamin maka diperlukan ketegasan petugas kepolisian untuk menindak tegas pihak yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum khususnya pemudik lebaran. “Kalau ada yang berusaha memaksa para penumpang lebih baik laporkan dan tangkap saja. Tindakan memaksa penumpang itu sudah menganggu ketertiban umum. Karena itu perlu penambahan personil,” pungkas Sukaryo.

Sementara Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastikan menandaskan, bahwa wilayah terminal Giri Adipura dan wilayah perbatasan menjadi prioritas penjagaan. Di wilayah tersebut telah di tempatkan petugas khusus untuk menjaga keamanan pemudik lebaran tahun ini. ([email protected])

error: Content is protected !!