Esensi shalat dan puasa adalah pertobatan hamba

0 66

infowonogiri.com-WONOGIRI-Safari Ramadhan Danrem 074 Warastratama Surakarta bertempat di Markas Kodim 0728 Wonogiri, Senin (22/8).

Safari ramadhan diawali dengam kegiatan buka bersama bersama pejabat Muspida Kabupaten Wonogiri. Tuan rumah komandan Kodim 0728 Wonogiri Letkol Infantri Murjoko mendampingi Danrem, hadir pula pejabat Muspida Pemda Wonogiri.

Kepada infowonogiri.com, Danrem Kolonel Infantri Ahmad Supriyadi, di sela sela berbuka puasa mengemukakan, bahwa safari ramadhan se eks karisidenan telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Rencana akan dilaksanakan sampai sebanyak 7 kali se eks Surakarta.

Terkait pengamanan wilayah lebaran pihak telah memerintahkan kepada seluruh jajaran Kodim untuk turun membantu kepolisian setempat dalam mengamankan wilayahnya. Tugas itu antara lain memaksimalkan Babinkamtibmas di seluruh Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten. “Kami tugaskan pula untuk selalu koordinasi dengan lembaga terkait dan kepolisian setempat,termasuk dengan pos terpadu, paling tidak membackup dengan satu SST (30personil) disetiap pos yang dilakukan secara bergantian,” ujar Dandim.

Usai berbuka, Safari dilanjutkan shalat isya berjamaah dan shalat taraweh. Usai taraweh dan witir, Dandim bersambut, dilaporkan jumlah peserta taraweh mencapai hampir 464 jamaah yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat.

Sedangkan Danrem mengatakan sangat bangga safari di Wonogiri dihadiri sangat banyak jamaah. Safari di Wonogiri menurutnya paling banyak pesertanya dibandingkan dengan safari di wilayah lain se eks Surakarta.

Sementara hadir sebagai penceramah adalah H Roshidi Mansyur mantan Kepala Kementerian Agama Wonogiri. Tema yang disampaikan di hadapan hadirin adalah “tobat”. Tobat adalah pengakuan salah karena disengaja atau khilaf terhadap peraturan dan perintah tuhan Allah.

Esensi dan makna shalat dan puasa ramadhan sesungguhnya adalah pertobatan dari diri manusia sebagai hamba kepada sang khalik. Dan Allah berjanji dan pasti ditepati siapa saja yang bertobat dengan bersungguh sungguh jelas dan tegas dimaafkan. Karena itulah mari kita laksanakan shalat dan puasa dengan iklas dan khusu agar kesalahan dan tobat kita dikabulkan. ([email protected])

error: Content is protected !!