Ribuan Muslimin Wonogiri Bersolawat

0 39

infowonogiri.com-WONOGIRI-Ribuan muslimin Wonogiri menggelar doa bersama di lantai 2 masjid At Takwa Wonogiri Sabtu malam (23/7/11). Doa bersama bertajuk “Wonogiri Bersolawat” itu digagas oleh jamaah Maulid Nabi Wonogiri, hadir jamaah nahdliyin memadati seluruh ruangan berkapasitas ribuan itu. bahkan sebagian jamaah, menempati halaman masjid sebab ruang utama sudah tidak memadai. 

Ketua Panitia majlis dzikir KH. Munir dalam sambutannya mengemukakan kegiatan ini diggelar selain dalam rangka menyongsong datangnya bulan puasa ramadhan juga dalam rangka mempererat tali sillaturahim sesame umat islam. Pada kesempatan tersebut, Munir mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan kepada takmir masjid At Takwa.

Usai digelar doa dan dzikir bersama, dilanjutkan tausiah dari Al Ustadz Husain Al Habsyi. Al Mukarom mengingatkan agar muslim Wonogiri segera menyiapkan diri lahir dan bathin untuk melaksanakan ibadah wajib puasa Ramadhan. Diperkirakan kalender 1 Romadhan jatuh bertepatan dengan tanggal 1 Agustus 2011.
Kesempatan ini jarang terjadi. Paling tidak sejak kemerdekaan sampai sekarang baru terjadi dua kali, yakni pada tahun 1945 dan 2011 ini. Menurut Husain, ada tiga karakter manusia dalam menghadapi puasa. Pertama orang yang bingung menyiapkan macam macam makanan. Karakter kedua menyiapkan pakaian dan kemewahan, dan karakter ketiga adalah orang yang menyiapkan mental spiritual.

Inti dari puasa adalah menahan diri dari makan, minum, dan sebagian kelezatan duniawi. Hakikat puasa adalah berjuang menahan hawa nafsu. Hal ini sangat bermanfaat untuk memperkuat keimanan, mendekatkan diri kepada Allah, serta menumbuhkan jiwa yang mulia. Karena itu orang yang tidak melatih diri berpuasa dengan fisik dan jiwanya maka akan kekeringan dan kekosongan jiwa. ([email protected])

error: Content is protected !!