Pentas Seni di Acara Pitulasan

0 70

infowonogiri.com-WONOGIRI-Peringatan HUT RI Ke 66 atau istilah masyarakat Wonogiri dinamai 17-an ( Pitulasan) lebih awal diselenggarakan dari 17-an tahun tahun sebelumnya, yaitu pada pertengahan bulan Juli ini.

Pasalnya jika digelar pada bulan Agustus bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadhan 1432 H. Berbagai kegiatan untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang digelar di bulan Juli ini seperti digelar oleh masyarakat Donoharjo Wuryorejo Wonogiri, Sabtu (16/7/11). Sedangkan Desa Miri, Kecamatan Kismantoro digelar Sabtu (23/7/11) dan di Jatirejo, Wonoboyo Wonogiri, digelar Minggu (27/4/11).

Di Donoharjo di lingkungan RT 02 RW 02 digelar malam tasyakuran sangat sederhana. Dihadiri oleh sekira 48 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari bapak, ibu dan anak anak. Acara malam itu diawali pentas seni dance oleh empat anak balita, monolog remaja, koor lagu lagu Indonesia Raya, sambutan wakil RT, tuan rumah dan wedangan bersama. Di Jatirejo dilombakan panjat pinang berhadiah berbagai makanan dan barang elektronik sederhana, holahop, lomba menangkap belut dan memasukkan ke dalam botol, voli, meletuskan balon dengan jarum, memasukan pensil ke dalam botol, tuthuk kendil dan lain lain.

Di Miri Kismantoro digelar lomba anak-anak, remaja dan orang tua. Lomba anak-anak bertema islami seperti lomba prektek shalat, menghafal Al-Quran. Sedangkan para ibu-ibu cenderung mengutamakan kegiatan bersenang-senang, seperti lomba goyang badan. Lomba keamanan ketertiban dan kebersihan (K3) antar Dukuh, lomba Sepak Bola dan Bola Voli.

Puncaknya malam resepsi diselenggarakan di Balai Desa Miri, Sabtu malam (23/07). Sebagai pembuka dipentaskan seni Reog oleh siswa-siswi SD Negri 1 Miri, pembagian hadiah berbagai lomba, dimeriahkan pula pentas  Campur Sari Adi Luhung Miri. Acara malam itu berlangsung meriah dan antusias masyarakat cukup tinggi. “Kegiatan lomba dan acara peringatan HUT RI Ke 66 tahun 2011 ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat perjuangan dan menanamkan rasa cinta tanah air bagi anak-anak sebagai calon generasi penerus bangsa,” ujar Maryono Ketua Panitia. ([email protected])

error: Content is protected !!