Manyaran Jatipurno Dan Paranggupito Pemasok Degan

0 355
infowonogiri.com-WONOGIRI-Namanya Sriyanto Anto (33), tinggal di Cubluk RT 03 RW 03 Kelurahan Giritirto Wonogiri. Anto adalah pedagang kaki lima spesialis Es Degan. Anto layak saja disebut sebagai Juragan Es Degan. Sebab Anto tidak hanya jualan di satu tempat, melainkan di empat tempat. Yaitu di Donoharjo Wuryorejo, di Pokoh Wonoboyo, Kedungringin Giritirto dan di Wonokarto. Semua lokasi jualan tidak jauh dari jalan raya.
Ayah satu anak satu istri itu, tentu tidak bisa jualan sendiri di empat tempat. Dia dibantu empat anak buahnya. Setiap anak buahnya ditarget mampu menjual sebanyak 50 buah kelapa muda perhari. Kira kira kalau dihitung gelas, 50 buah kelapa muda sama dengan 200 gelas. Sebab perbuah kelapa muda minimal mampu dibuat es degan sebanyak 4 gelas.
Per buah kelapa muda membeli seharga Rp.3000,- Pergelas dijual Rp.2000. Jadi 200xRp.2000 sama dengan Rp.400.000,-. Namun tidak semua pangkalan ditarget sebanyak itu, husus untuk di Donoharjo hanya ditarget separuh dari tempat lain. Sebab di Donoharjo baru dimulai 15 hari yang lalu. “Jualan di Donoharjo baru dua minggu. Perhari rata rata menjual 25 buah degan,” kata Anto.
Cerita tentang jualan Es Degan. Anto sudah cukup mahir. Sebab sudah dua tahun menekuni jualan es degan. Memang belum lama, tapi dua tahun sudah cukup mahir bagi siapapun untuk sinau bab Es Degan. Mau tahu? Cukup mudah. siapa pun bisa, tinggal mau atau tidak. Ini cerita singkatnya.
Es Degan dibuat dari bahan baku kelapa muda, seduhan air gula kelapa dan gula pasir. Antok tidak menambahi air mineral apapun. Cukup dengan air kelapa muda. Setiap hari dia belanja 8kg gula pasir dan 4kg gula kelapa. Gula pasir disediakan bagi yang tidak suka dengan gula kelapa. Sudah itu jadi deh. Jangan lupa siapkan gelas, mangkok, sendokk dan sabit.
Dari mana kelapa mudanya? Kelapa muda itu dipasok dari tiga Kecamatan Manyaran, Jatipurno dan Paranggupito. Anto berburu kelapa muda di tiga kecamatan itu secara bergantian. Paling tidak sehari Antok mampu kulakan kelapa muda sebanyak 250 buah setiap hari. “Dan itu harus habis, sebab kalau degan-nya lama, es degannya gak suwegerrrr…” kata Antok. Mau? ([email protected])
error: Content is protected !!