Keindahan Panorama Pantai Nampu Butuh Sentuhan Pemerintah

0 34

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tren dunia wisata saat ini satu diantara tiga adalah wisata pantai (laut). Nah Kota Sukses Wonogiri temasuk Kabupaten Kota yang beruntung, karena mempunyai wisata laut. Wonogiri  yang dulu dikenal sebagai Kota Gaplek mempunyai wisata Pantai Nampu. Pantai pasir putih ini terletak di Kecamatan Paranggupito.

Secara geografis, Pantai Nampu berada di sisi Selatan Kabupaten Wonogiri. Pantai Nampu berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Bagi wisatawan yang ingin bertamasya kesana baru bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Pasalnya pemerintah daerah belum menyediakan transportasi kendaraan umum.

Jarak tempuh dari Wonogiri Kota ke Pantai Nampu mencapai 65Km. Waktu tempuh diperkirakan memakan waktu lebih dari dua jam, terlebih saat ini medan jalan menuju ke sana mengalami kerusakan cukup parah. Aspal jalan mengelupas habis, berlubang dan berdebu terutama saat musim kemaru. Saat musim penghujan berlumpur dan berair.

Jika ditempuh dari Kota Kecamatan Pracimantoro kerusakan jalan dapat dirasakan mulai dari Kecamatan Pracimantoro sampai ke Giritontro. Sedangkan jika ditempuh dari Baturetno kerusakan akan diketahui mulai dari Giriwoyo sampai ke Giritontro. Sementara jalan dari Giritontro ke Paranggupito juga relative sempit, banyak tikungan, tanjakan dan turunan tajam dan curam. Namun demikian pemandangan pepohononan jati yang tumbuh diantara bebatuan kars khas Wonogiri sisi selatan dapat menyuguhkan pengalaman tersendiri.

Daya tarik yang pantas dibanggakan Pantai Nampu pantainya berpasir putih, bersih dan Alami. Potensi wisata yang cukup menarik pengunjung tidak hanya di hari libur tetapi hari-hari biasa. Hanya saja, Pantai Nampu tampak tidak direspon positif. Buktinya tidak ada fasilitas yang memadai sebagai Wahana Wisata Bahari.

“Kesan pertama masuk ke lokasi Pantai Nampu adalah minimnya pengelolaan dan perhatian pemerintah Daerah. Perlu ada perhatian khusus dari Pemerintah Daerah untuk lebih intens dan konsisten mengelola Waha Pariwisatanya untuk Meningatkan PAD,”  seorang Wahyudi salah satu pengujung. ([email protected])

error: Content is protected !!