Jangan Mungkir Petani Adalah Penyangga Kehidupan Di Wonogiri

1 50

infowonogiri.com-WONOGIRI-Tidak dapat di Pungkiri petani merupakan penyangga kehidupan utama dan penyokong kegiatan riel di Wonogiri. Fakta membuktikan ketika petani lesu hasil panen tidak sesuai dengan biaya produksi, maka di seckor lain juga mengalami penurunan. Sebaliknya ketika petani mengalami peningkatan produksi maka semua sektor juga cenderung meningkat.

Itu dikemukakan oleh Bupati Wonogiri  Danar Rahmanto dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Distribsi Pupuk Bersubsidi 2011 di Pendopo Bupati Wonogiri, Selasa (19/7/11). Acara dihadiri Wakil Bupati Yuli Handoko, Ketua DPRD Wawan Setya Nugroho, Sekda Budisena, Produsen Pupuk PT Petro Kimia Gresik dan PT Pusri, Anggota Komisi Pengawas Pupuk Bersubsidi, Camat Se-Wonogiri, Distributor Pupuk dan Kelompok Petani.

Bupati melanjutkan, rakor pupuk ini sangat penting. Pupuk merupakan kebutuhan dasar petani untuk meningkatkan keuntungan petani. Pemerintah pusat meluncurkan progam pupuk bersubsidi untuk menekan biaya produksi petani. Danar mengusulkan kepada produsen pupuk agar orientasi produksi pupuk organik. Selain pupuk organik ramah lingkungan, juga untuk menekan biaya produksi. Selain itu  bahan baku pupuk organik lebih mudah didapat.

Berkaitan dengan distribusi pupuk subsidi, ada beberapa masalah mendasar di tingkat petani. Harga eceran tertinggi (HET) pupuk telah ditetapkan oleh pemerintah. Di sisi lain harga pupuk sampai ke petani cenderung melonjak dan berbeda satu sama lain. Itu disebabkan karena faktor distribusi dari satu kecamatan dengan kecamatan lain berbeda jarak tempuhnya.

Bupati meminta panitia mengawasi dan memberikan statemen yang jelas pada distributor. Jangan sampai harga pupuk ini di kendalikan distributor. Pemerintah diminta memberikan sanksi tegas kepada distributor yang nakal melanggar aturan. Di Wonogiri terdapat 34 Distributor Pupuk dan Pengecer. Mereka diminta tidak menimbun pupuk di saat harga pupuk murah dan menjualnya saat harga pupuk melambung. ([email protected])

error: Content is protected !!