Hasil Penyelidikan Pertambangan Illegal Dipelajari Polisi

1 51

infowonogiri.com-WONOGIRI-Menindaklanjuti laporan kasus dugaan pertambangan illegal di wilayah Kecamatan Tirtomoyo dan Karantengah, pihak kepolisian turun melakukan penyelidikan ke lokasi pertambangan guna mengumpulkan data dan fakta yang sebenarnya. Hasil penyelidikan tersebut sampai kemarin masih diperlajari pihak kepolisian.

Hal itu dikemukakan Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika didampingi Kasatreskrim AKP Sugiyo, Sabtu (30/7/11) di Mapolres. Pihak Kepolisian juga mengamankan barang bukti truk tronton dan 15 ton galena hasil pertambangan. “Saat ini kasus itu masih diselidiki, belum ada tersangkanya. Kita sudah mengamankan barang bukti truk dan galian,” katanya.

Dijelaskan, pihak kepolisian tidak sendirian saat melakukan pengecekan. Cek dilakukan bersama sama dengan Dinas Pengairan Energi dan Sumberdaya Mineral (PSDM). Pemilik pertambangan liar masih dimintai keterangan. Demikian juga calon pembeli, Lukas juga sudah dimintai keterangan.

Sementara Kepala PSDM Arso Utoro mengapresiasi positif langkah yang diambil kepolisian. “Kita menyambut baik baik langkah kepolisian. Ibu Kapolres dan Bapak Dandim menyatakan siap mengawasi pertambangan. Temuan itu diharapkan segera diproses. Potensi mineral di Wonogiri banyak, jika terjadi pencurian jelas merugikan,” terangnya.

Arso menambahkan pihaknya sudah melaporkan masalah kepada Bupati. Bupati juga telah memerintahkan agar pengawasan diperketat. Perintah dari bupati ditujukan kepada dinas terkait dan Camat setempat, Camat Tirtomoyo dan Camat Karangtengah. Pemerintahan Desa dan elemen masyarakat juga diminta turut handarbeni. ([email protected])

error: Content is protected !!