Desa Girimarto Lolos Lomba Desa Nasional

0 75

infowonogiri.com-WONOGIRI-Masyarakat Desa Girimarto Kecamatan Girimarto Wonogiri boleh berbangga, pasalnya pemerintahan Desanya berhasil maju seleksi di Lomba Desa Nasional. Hari ini, Rabu (13/7/11) tim penilai dari Kementrian Dalam Negeri Pemerintah Pusat datang menilai. Desa Girimarto lolos lomba desa nasional setelah menyingkirkan perwakilan  Desa dari 35 Kabupaten se Jawa Tengah.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat melalui Kepala Sub Bidang Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Aris Widodo mengatakan kepastian akan dinilainya Girimarto tertuang dalam surat dari Kemendagri tertanggal 8 Juli 2011. “Tim sudah datang Selasa sore. Rabu 13 Juli ini tim turun menilai,” kata Aris.

Desa Girimarto bersaing dengan 8 Desa dari perwakilan 8 Kabupaten di 8 Provinsi. Pesaingnya adalah Desa Lantang (Sulawesi Selatan), Nagari/Desa Simarasok (Sumatera Barat), Desa Margacinta (SulawesiTenggara), Desa Ponjong (DIY), Desa Tanjung Padang (Sulawesi Tengah), Desa Nggle (Maluku Utara), Desa Ranca Salak (Jawa Barat), dan Desa Ketuh (Bali).
Tim penilai akan menglarifikasi dan mengobservasi ke tiap desa Nominator. Ada 8 indikator penilaian yaitu bidang Pendidikan Masyarakat, Kesehatan, Ekonomi, Keamanan dan ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Masyarakat, dan Kesejahteraan Keluarga. Se Propinsi Jateng, Desa Girimarto berhasil menumbangkan Desa Gladagsari (Boyolali) dan Desa Sendangdawuhan (Kendal). ([email protected])

error: Content is protected !!