Curahan Hati Seorang Istri Wakil Bupati Wonogiri (book-1)

14 353

infowonogiri.com-WONOGIRI-Selasa (26/7/11) menjadi hari yang sangat bersejarah bagi Ir Rika Mariana (29). Kemarin, istri Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko.SE itu mengikuti upacara serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri di Aula TP-PKK Propinsi Jawa Tengah.
Upacara sertijab tersebut dipimpin oleh Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Tengah Ny. Bibit Waluyo disaksikan oleh pengurus TP PKK Propinsi Jawa Tengah. Sementara dari Kabupaten Wonogiri hadir Ny. Tabitha Marantika sebagai pejabat baru Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri Ny. Tabitha didampingi Bupati Wonogiri Danar Rahmanto.
Ny. Tabitha menggantikan pejabat lama istri wakil Bupati Wonogiri Ny. Rika Mariana. Rika digantikan berdasarkan keputusan Rakornas PKK Nomor 6 Tahun 2005. Bawha sesuai hasil rakornas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten harus diketuai oleh istri Ibu Bupati atau istri Bupati.

Sementara di Kabupaten Wonogiri yang terjadi selama 10 tahun lebih TPPKK Wonogiri diketuai oleh istri Wakil Bupati, yakni mulai era kepemimpinan Begug Poernomosidi menjadi Bupati tahun 1999-2010. Karena pada waktu itu Bupati Begug Poernomosidi tidak mempunyai istri sah (bercerai) maka Ketua TPKK diserahkan kepada Ny. Y Sumarmo, istri wakil Bupati dr. Y Sumarmo.

Peristiwa itu terulang kembali pada tahun 2011. Pada era kepeimpinan Bupati Danar Rahmanto, paling tidak selama kurun waktu 1 Nopember 2010 sampai 26 Juli 2011, Ketua TPKK Wonogiri diketuai oleh istri Wakil Bupati, yakni Ny. Rika Mariana istri Yuli Handoko, SE.  Karena Bupati Danar saat itu statsunya sebagai duda.
Sangat pantas pelantikan itu disebut sebagai sejarah. Selain bersejarah bagi pengurus TP KK Kabupaten Wonogiri juga bersejarah bagi Rika Mariana (29) maupun Ny. Tabitha (21). Istri Wakil Bupati kelahiran Serang 7 Januari 1982 itu kemarin datang menyerahkan mandat dan tanggung jawabnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonogiri kepada Ny. Tabitha.

Dia hadir tidak didampingi suaminya Yuli Handoko, SE. Melainkan didampingi oleh orang tua Rika panggilan Rika Mariana, yakni H. Mahmud dan Hj. Mariam. Kedua orang tuanya datang dari tempat tinggal asalnya yaitu Lingkungan Kubang Kutu No. 17 Kebondalem Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon.

infowonogiri.com tidak bisa meliput langsung kegiatan itu. Berdasarkan informasi dari Humas Setda Pemda Wonogiri, secara umum kegiatan serah terima jabatan itu berlangsung aman dan lancar.Ketua TP PKK Propinsi Jawa Tengah berpesan agar TP PKK Kabupaten Wonogiri meninjau kembali Perda tentang LPK dan SK Bupati. Menurut Gubernur SK TPKK Kabupaten Wonogiri tidak sesuai Rakernas No 6 tahun 2005. Selama kurun waktu 10 tahun lebih TPKK Wonogiri diketuai oleh istri Wakil Bupati.

Disisi lain, sehari sebelum keberangkatan, yakni Senin (25/7/11) lalu ada beberapa hal yang diributkan oleh pengurus TP PKK Kabupaten Wonogiri. Pertama soal keberangkatan Ny. Rika Mariana. Pengurus TPPKK Wonogiri kebingungan. Diperoleh kabar Wabup Yuli Handoko tidak menghendaki istrinya datang ke Wonogiri dan Propinsi pada pelantikan TPKK 2011-2015.

Sementara Gubernur menghendaki Ny. Rika Mariana dan Yuli Handoko hadir mendampingi pelantikan tersebut. Kedua, kondisi kesehatan Rika Mariana sempat diragukan oleh pengurus TP PKK  Kabupaten Wonogiri, pasalnya Rika Mariana tengah hamil tua, hari ini Senin (26/7/11) pas usia kehamilannya 8 bulan. Pengurus TP PKK Wonogiri dan Pejabat Sekda berbeda pendapat soal kedatangan Rika, karena takut tekanan dari Wakil Bupati. Sementara Rika siap datang.
Padahal Rika selama ini tinggal di Cilegon karena sedang pisah ranjang dengan Wakil Bupati Yuli Handoko. Bagaimana curhat istri Wakil Bupati dan keduanya orang tuanya kepada infowonogiri.com ? (bersambung).

([email protected])

error: Content is protected !!