UPTD SKB Memiliki 200 Siswa Pelatihan

0 200

INFOWONGIRI.COM-WONOGIRI-Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Wonogiri memiliki sedikitnya 200 siswa pelatihan pendidikan keterampilan yang digelar SKB Wonogiri. Siswa sebanyak itu mengikuti pendidikan pelatihan pada program Ketrampilan Membuat Baki Lamaran.

Ada juga yang mengikutio pelatihan Tata Boga, Tata Kecantikan dan Kulit, Rias Pengantin, Refleksi, Refleksi, Spa, Jahit dan Garmen, Komputer, Merangkai Janur, Keterampilan Anyaman, Membuat Manik-manik, dan Membuat Sepatu dan Sandal.

Kepala UPTD Anna CH, kepada wartawan IW (infowonogiri.com) mengemukakan, selain mendidik dan melatih siswa pelatihan, SKB juga menyelenggarakan pendidikan anak usia dini (PAUD), Tempat Penitipan Anak (TPA), Progam Kesetaraan Paket  A,B, C dan Progam Keaksaraan.

“Untuk kursus tidak dianggarkan, jadi siswa yang mengikuti kursus membawa alat-alat sendiri atau swadana,” kata Anna, Rabu (22/6/11). Dijelaskan Anna, tenaga pengajar disiapkan dari UPTD sendiri kerjasama dengan PNPM sebagai Kapasitas Pendidik. Mengajari masyarakat desa yang didanai dari PNPM.

UPTD SKB juga ernah mengangkat pontensi daerah Kabupaten Wonogiri yang berupa ketela singkong untuk dijadikan NATADEKASAVA . Peserta ada 30 orang utusan perwakilan Kacamatan se Wonogiri. “Bertujuan mengembangkan sendiri potensi daerah menjadi home industry,” katanya.

UPTD SKB Wonogiri jug bekerja sama dengan Kabupaten tetangga, yaitu Sukoharjo dan Karanganyar. Tujuan jangka panjangnya, Anna berharap apa yang diperoleh dari lembaga SKB bisa menjadi bekal keterampilan hidup kelak agar hidup sukses. (eko)

error: Content is protected !!