Praja Wonogiri Bertolak Ke Jakarta Pejuangan RUU Pedesaan

0 32

infowonogiri.com-WONOGIRI-Untuk kali keempatnya, sebanyak 161 anggota Paguyuban Perangkat Desa Prasja Giri Manunggal Kabupaten Wonogiri bertolak ke Jakarta, Minggu (19/6/11). Kepala Desa Ngadirojo Kidul Kecamatan Ngadirojo Wiyono, mengemukakan Praja Wonogiri akan berangkat bergabung dengan kepala desa se Indonesia yang dinamai Praja Nusantara.

Tujuan ke Jakarta, menurut Wiyono, akan mendesak DPRRI agar segera mengesahkan Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Pemerintahan Desa dan RUU Pembangunan Perdesaan. “RUU ini sedang dibahas oleh wakil rakyat di DPR RI, tapi sampai sekarang belum juga gol. Padahal RUU ini sudah lama dibahas, kita sudah beberapa kali ke Jakarta menyuarakan aspirasi rakyat desa,” katanya.

Keberangkatan Praja Wonogiri dipimpin kordinator aksi yaitu Kepala Desa Manjung, Hartono. Sebelum berangkat dilaksanakan orasi singkat dari Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setyo Nugorho dan Anggota DPRD I Propinsi Jawa Tengah Subandi hadir memberikan semangat mendokaan kebarangkatan mereka dari rumah dinas Pendopo Kabupaten Wonogiri.

Secara singkat, intinya RUU Pemerintahan Desa dan RUU Pembangunan Desa perlu diperjuangkan agar menjadi UU. Sebab jika RUU itu disahkan menjadi UU maka pembangunan bisa dirasakan sampai ke desa desa di seluruh pelosok Indonesia. “Pembangunan menjadi merata, tidak hanya terpusatkan di kota kota besar tapi sampai ke desa,” begitu ujarnya. (bsr)

error: Content is protected !!