Liburan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur

0 141

infowonogiri.com-WONOGIRI-Selain kaya akan kulinernya, Wonogiri juga  kaya akan potensi alam dan kerajinannya. Seperti kerajinan Boneka yang terbuat dari akar wangi , adalah Giyanto (41) pengrajin Akar Wangi. Dia sudah menekuni pekerjaan ini selama 2 tahun dengan anak istrinya. Dia membuat kerajinan akar wangi ini dengan bantuan istrinya. Akar wangi sebagai bahan baku didapat dari Bulukerto Wonogiri.

“Awalnya dulu saya merantau di Kalimantan, namun setelah saya pikir-pikir terlalu jauh dengan istri. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari pekerjaan di Wonogiri, melihat penjual akar wangi saya tertarik untuk membuatnya dan menjualnya di Waduk Gajah Mungkur” ungkap Giyanto.

“sebenarnya tidak hanya saya saja yang menjual Kerajinan Akar Wangi di tempat ini namun ada beberapa pengrajin lain seperti, Gito (48) dan  Sulis (30) seorang guru TK yang mengisi hari liburnya dengan menjual kerajinan akar wangi” Tambah Giyanto di temui di sela-sela pengunjung yang ramai sambil menawarkan buah karya tangannya.

Di hari libur ini pendapatan para penjual kerajinan akar wangi meningkat sekitar 60%. Hari libur ini bisa jadi di istilahkan dengan hari keberuntungan bagi para pengrajin sekaligus penjual kerajinan akar wangi tersebut.

Di Wonogiri sendiri para penjual kerajian akar wangi  juga membentuk sebuah paguyuban,  pengrajin akar wangi ini kebanyakan brasal dari Semin, Wonosari dan Gunung Kidul.  Setiap penjual akar wangi di kota-kota lainya juga membentuk paguyuban yang sejenis dengan nama berbeda, “kalau yang di Wonogiri ini Paguyuban kami beri nama Gajah Mungkur Handayani dan beranggotakan sekitar 70 orang.

Nama paguyuban ini sendiri  Menggabungkan nama Waduk Gajah Mungkur dengan Slogan Gunung Kidul Handayani, Tujuan di bentuknya paguyuban ini adalah untuk mempererat tali silaturahim dan menyamakan harga penjualan agar tidak terjadi perang harga sesama penjual nantinya” Tambah Giyanto. ([email protected])

error: Content is protected !!