Bicara Ayam Panggang…Ya Ayam Sambi MBOK TIYEM Wonogiri

3 354
infowonogiri.com-WONOGIRI-Bicara soal masakaan ayam panggang, Rumah Makan (RM) Ayam Panggang Sambi Mbok Tiyem pasti menjadi salah satu tujuan utama penggemar  masakan ayam. Terlebih RM Ayam Panggang Sambi Mbok Tiyem berada di pintu masuk jantung kota Wonogiri, yaitu di Jl RM. Said No 1 Brumbung Wonogiri (0273) 321205.
Rumah makan ayam panggang Sambi ini dikelola sejak tahun 2006 silam. Rumah makan dikelola oleh Maryani, salah satu cucu Mbok Tiyem. Maryani menceritakan, RM ini dinamakan Rumah Makan Ayam Panggang Sambi karena pemilik dan karyawannya berasak dari daerah Sambi Kecamatan Jatisrono.
Soal dicantumkannya nama Mbok Tiyem, karena memang Maryani adalah cucu dari Mbok Tiyem. Mbok Tiyem dulu pernah membuka rumah makan  sejak sekitar tahun 1960 an. Setelah Mbok Tiyem meninggal, Maryani ini membuka warung makan di Brumbung ini. “Resep yang kami gunakan juga resep dari nenek saya,” tutur Maryani.
Diceritakan, awal berdirinya rumah makan ini, bangunan ruangannya kali pertama didesain dengan bahan bambu Sehingga membawa kesan sejuk dan klasik. Kali ini, konstruksi bangunannya menggunakan bahan bangunan yang tertata apik sehigga tetap tampak asri dan klasik.
Ruangan yang disediakan cukup lebar dan besar, sehingga mampu menampung pengunjung dalam jumlah banyak. selain itu dilengkapi pula dengan sarana dan prasarana yang memadai, seperti kamar mandi, toilet yang bersih. Bagi tamu yang berkendaraan mobil maupun sepeda motor disediakan halaman parkir yang cukup luas.Tujuan menyediakan lahan parkir yang luas, mengingat rumah makan ayam panggang Sambi Mbok Tiyem karena memang disediakan untuk para tamu yang datang tidak hanya dari dalam kota, tetapi juga melayani tamu tamu dari luar kota. Nah lokasinya kebetulan di tepi jalan raya Wonogiri-Sukoharjo.
 

Lokasinya rumah makan ayam panggang Sambi Mbok Tiyem dapat ditempuh kendaraan dari manapun, antara lain dari Ponorogo, Pacitan Jawa Timur, Jogjakarta, Sukoharjo, Solo, Klaten, Sragen dan Karanganyar. “Tujuan dibuka rumah makan ini antara lain untuk melayani masyarakat Wonogiri dan luar Wonogiri yang tidak pernah bosan dengan ayam panggang,” ujar Maryani.

Agar kualitas rasa dan layanan masakan Rumah Makan tetap terjaga, antara lain dia mengambil tenaga kerjanya dari keluarganya sendiri. Rumah makan ini juga menerima pesanan dalam jumlah banyak maupun sedikit. Sebagai pendamping daging ayam kampong asli ini, disediakan sayur lalapan, urapan dan kacang tolo. Lainnya, teh panas, es teh, es jeruk, lemon tea. (skh-n2i)
error: Content is protected !!