Wonogiri Jalin Kerjasama Peningkatan Pembangunan Dengan Tiga Universitas

0 39

infowonogiri.com-WONOGIRI – Menandai puncak Hari jadi ke-270 Kabupaten Wonogiri, Pemkab menggelar acara Malam Resepsi, Senin (30/5) malam di pendopo rumah dinas Bupati.

Kemeriahan acara resepsi diwarnai dengan partisipasi dari daerah lain,  yakni Grup Calung Banyumasan Pring Sedapur ISI Surakarta pimpinan Darno, S.Sn, M.Sn serta pentas teater Sahita dari ISI Surakarta yang turut serta memberikan hiburan. Keduanya menghibur masyarakat Wonogiri dengan banyolan-banyolan segar dan alunan gending nan apik sebagai pengiring acara.

Resepsi ini merupakan puncak dari berbagai rangkaian acara mengisi Hari jadi Kabupaten ke-270 atau yang lebih dikenal dengan Pelestarian Nilai-nilai Perjuangan Raden Mas Said. Beberapa rangkaian kegiatan Harijadi tersebut diantaranya ziarah ke makam pendiri Wonogiri, Kejurnas lari 10 K, festival olahraga tradisional, napak tilas RM. Said, forum silaturahmi legislatif dan eksekutif, upacara, gelar potensi produk daerah, pameran foto, funbike, dan kejuaraan motor trail. Demikian disampaikan ketua Panitia sekaligus Sekda Wonogiri Drs. Budiseno, MM.

Pada malam tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama berupa peningkatan pembangunan di Kabupaten Wonogiri, bekerjasama dengan kalangan perguruan tinggi, yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dan Univet Bantara Sukoharjo.  Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko, SE mewakili Bupati Wonogiri, Dekan Fakultas Pertanian UGM Prof. Ir. Triwibowo Yuwono, Ph.d, Rektor Universitas Slamet Riyadi Surakarta Prof. DR. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto dan Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Prof. DR. Trisno Martono secara bergantian melakukan penandatanganan naskah kesepakatan kerjasama.

”Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kerjasama dengan wilayah lain atau juga lembaga lain untuk membantu dan memfasilitasi daerah dalam  menjalankan tugas pokok dan fungsinya sangat terbuka. Di Kabupaten Wonogiri, hal ini terwujud dalam kerjasama antar daerah, yaitu Subosukawonosraten, Pawonsari, dan Karisma Pawirogo, serta kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi, antara lain UNS Surakarta, UMS Surakarta, STIE AUB Surakarta, dan juga kesepakatan yang dilaksanakan pada malam hari ini, bersama Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Unisri Surakarta, dan Univet Bantara Sukoharjo,” kata Wabup.

Harapannya, kerjasama yang terbentuk ini akan dapat mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Wonogiri, di samping sebagai salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam memberikan pengabdian terhadap masyarakat. ([email protected])

 

error: Content is protected !!