LPKK Slogohimo Juara 1 Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten

0 52

infowonogiri.com-WONOGIRI-LPKK Kecamatan Slogohimo berhasil meraih juara 1 menyisihkan 10 peserta lainnya dalam Lomba Cipta Menu Tahun 2011 tingkat Kabupaten Jumat (27/5) dan bersiap untuk bertanding dalam lomba Cipta Menu di tingkat Propinsi. Juara 2 diraih oleh LPKK Karangtengah dan juara 3 LPKK Purwantoro.

Acara yang diselenggarakan di Ruang PKK Kabupaten Wonogiri ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama antara LPKK Kabupaten Wonogiri dan Kantor Ketahanan Pangan. Lomba diikuti 10 Kecamatan antara lain kecamatan Karangtengah, Nguntoronadi, Pracimantoro, Manyaran, Paranggupito, Wuryantoro, Purwantoro, Girimarto, Giritontro, dan Slogohimo. Mereka bertanding untuk menciptakan menu sederhana selama 1 hari untuk catur warga yang terdiri dari Bapak, 1 anak dan Ibu hamil yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis potensi sumberdaya wilayahnya masing-masing.

Menurut Ir. Safuan, Kepala Kantor Ketahanan Pangan lomba ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu bagi Catur Warga yang sesuai dengan kaidah menu beragam, bergizi, dan aman sesuai potensi sumberdaya wilayah,” perlu diketahui bahwa ketahanan pangan diawali dari ketahanan pangan di tingkat keluarga.

Jadi dengan adanya lomba ini diharapkan terwujud ketahanan pangan keluarga dengan diawali penyediaan menu makanan dari potensi sumber daya pangan yang ada di wilayahnya masing-masing”, lebih lanjut beliau memberikan contoh pemanfaatan singkong untuk pembuatan tepung mocaf yang mampu menggantikan fungsi dari tepung terigu yang selama ini merupakan produk impor “dengan adanya tepung mocaf ini berbagai macam makanan bisa kita buat,” jelasnya.([email protected])

error: Content is protected !!