Pondhok Dhahar Gege Wonogiri

1 152

WONOGIRI-Pondhok Dhahar Gege Wonogiri, nama itu diambil dari nama orang tua dan anak anaknya. Ayahnya bernama Gembong, anak pertama Gery dan kedua Gema dan ketiga Gea. Sedangkan ibunya bernama Maria. Harapannya nama GEGE akan membawa keberuntungan bagi Gembong Muria Hadi-Maria Antonia Yuliastri dan anak anaknya.

Pondhok Dhahar GEGE ini bertempat tepi jalan raya, tepatnya di Jl RM Said 1 A Brumbung Wonogiri. Rumah makan ini sangat mudah ditempuh melalui jalan darat. Karena dilalui semua kendaraan dari dan menuju Sukoharjo ,Solo ,Wonogiri, Ponorogo ,Pacitan dan Jogjakarta.


Rumah makan ini, juga mudah dikenali. Karena bangunannya khas joglo, model rumah adat Jawa Tengah sisi selatan. Di Jl RM Said, GEGE sudah cukup lama, lebih dari dua tahunan. Sebelumnya rumah makan ini menempati lokasi bangunan semi permanen di Jl A Yani, tepatnya di Kerdu Kepik Wonokarto Wonogiri.

Saat itu brandnya sebagai rumah makan GEGE Steak. Sejarahnya GEGE Steak ini berawal dari sebuah warung lesehan yang hanya menempati teras rumah, bahkan itu teras rumah milik orang lain, yakni dr Budi di Kerdu Kepik Wonogiri. Sampai kini GEGE ini tetap bertahan dan bahkan terus berkembang pesat. Kini tidak lagi hanya menyediakan steak, tetapi telah menyediakan makanan dan minuman apapun, nyaris lengkap dan fariatif tampa meninggalkan menu steak. Antara lain menu makanan khas Wonogiri, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Menu Eropa Chines pun tersedia.

Karena itu kalangan muda mudi dan orang tuapun kerap banyak yang berkunjung ke Phondhok Dhahar GEGE ini. Intinya semua lapisan masyarakatpun menyukainya. Jika dilihat sepintas Phondhok Dhahar GEGE tampak mewah, sepertinya hanya untuk kalangan menengah. Namun sesungguhnya tidak. Sebab harga makanan dan minuman yang ditawarkanpun murah meriah. Istilah pemiliknya rumah makan kelas restoran tapi harga lesehan.

Kalangan muda yang merayakan syukuran, ulang tahun kerap mengajak kawan kawannya. Sebab  Phondhok Dhahar GEGE mempunyai lahan sekitar 200 meter, plus ruang parkir yang memadai. Tempatnya pun tidak formal. Disediakan meja kursi dan lesehan. Fasilitas kamar mandi dan ruang dapurpun tersedia cukup nyaman.

Maria Antonia Yuliastri, pemilik rumah makan ini, Rabu (23/2) kemarin, bercerita sedikit tentang riwayatnya memulai usaha kuliner ini. Dialah yang terinspirasi menjadi pengusaha kulinyam-nyam. Awalnya, sejak mulai remaja Maria memang hoby memasak. Setelah mulai berkeluarga. Dia sering mendapatkan pesanan makanan dari tetangga, kerabat dan handaitolan.

Karena lidah kawan kawannya cocok masakah apapun hasil racikan Maria, maka kemudian kawan kawannya mengusulkan agar Maria membuka rumah makan. “Karena gak punya lahan, saya buka usaha di teras rumah kawan, lamanya setahun sebagai pedagang kaki lima,” tutur istri Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini. Diluar dugaan, seperti harapan keluarganya, usahanya tidak mau setengah. Setelah matang diperhitungkan jadilah rumah makan itu. Ternyata omsetnya cukup bagus. Dari penghasilnya membuka GEGE Steak, ditabung untuk mengembangkan usahanya.

Kiat agar usahanya tetap berjalan dan maju berkembang antara lain adalah menjaga mutu masakannya, memberikan servise pelanggan maupun tamu baru. Harganya tidak mahal, terpenting sudah untung, meski tidak banyak. Tidak lupa, kepada para  karyawanya sebagai pramusaji juga harus diberi pendidikan tentang mengolah penganan. “Karyawan juga harus dihargai dan dihormati. Bahkan sudah saya anggap sebagai kelaurga sendiri, sehingga mereka kerasan,” kata mantan karyawan Suplyer bahan Kimia PT Lautan Luas ini.

Rasa racikan masakan juga tetap harus dijaga. Meski harga bumbu masak terus melambung, namun takaran bumbu tetap dipertahankan. Tidak lupa kebersihan tempat, alat saji dan dapur selalu dijaga betul. Pesanan dalam partai kecil maupun besar tetap diterima. “Peralatan masak selalu saya sterilkan dengan cara dijarangi (dicuci dengan air panas setelah disabuni dan dicuci dengan air dingin),” tutur ibu tiga anak ini.

Daftar menu makanan: Steak, Fried Chiken, Sea Food, Ayam Goreng, Pecel Lele, Nasi Goreng, Gado Gado, Rujak Cingur, Selat Galantine Segar, Kangkung Hotplate, Nasi. Aneka Es, Anaka Jus Buah, Minuman Panas dan Dingin, Aneka Shake, Aneka Float, Lemon Squash, Pineapple Punkch, Varian Ice Cream, Papio Choco Chip. Ingin mencoba menu masakan dan minuman Pondhok Dhahar GEGE  ? silahkan datang di Jl A Yani, tepatnya di Kerdu Kepik Wonokarto Wonogiri.

error: Content is protected !!