Hasil Polling Budi Sena Melejit Sebagai Calon Sekda

0 29

WONOGIRI-Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM, Budisena berhasil meraih dukungan tertinggi dalam polling yang digelar tim independen bentukan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto. Budisena melejit dengan raihan 675 suara, mengungguli enam kandidat lainya.

Lima calon lain jauh tertinggal. Pranoto meraih 67 suara, IG Budiyanto meraih 33 suara dan Reny Ratnasari hanya mengumpulkan 13 suara. Sedangkan dua kandidat lain sama sekali tidak meraih dukungan, yaitu Guruh Santoso dan Jarwadi.

Poling tersebut digelar pecan kemarin dengan mengambil sampel 1000 PNS di lingkungan Setda dan SKPD Pemda Wonogiri. Sebelum digelar polling terdapat enam kandidat untuk mengisi kekosongan kursi Sekda yang telah berlangsung selama 6 bulan.

Rupanya tidak mudah untuk menentukan siapa yang paling tempat untuk menggantikan Sekda lama Suprapto yang telah pensiun September silam. Keenam kandidat itu adalah Budisena, Pranoto (Kepala Bappeda), IG Budiyanto (Dihubkominfo), Reny Ratnasari (Assiten I Bidang Pemerintahan), Guruh Santoso (Dinas Pertanian dan Holtikultura) dan Jarwadi (Dishutbun).

Terpisah, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, Minggu (20/2) mengatakan hasil polling bukan satu satunya syarat untuk menentukan Sekda, melainkan hanya sebagai salah satu referensi siapa yang paling dikehendaki masyarakat pegawai negeri sipil (PNS).

“Ya. Ya..tetapi hasil poling itu tidak semata mata menjadi ukuran. Kita tunggu saja pemaparan calon sekda di Propinsi. Nanti hasilnya akan diumumkan,” ujar Danar usai menyambut Musda Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah di Masjid Takwa Wonogiri, Minggu siang kemarin.

Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Wonogiri Rumanti Permanandyah menyatakan langkah Bupati Danar Rahmanto memang sangat berhati hati dalam memilih Sekda. Menurut Bupati ingin mendapatkan Sekda yang tepat cepat dan akurat dalam melaksanakan tugas.([email protected])

“Semua enam kandidat itu memenuhi syarat administrasi. Golongan IVC, Eselon dua, minimal dua kali menjabat sebagai kepala Dinas atau Kantor dan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap pemerintahan dan loyal kepada pimpinan,” tandasnya, Sabtu (19/2) lalu.

Hal lain yang nantinya akan mempengaruhi adalah presentasi visi misi sebagai sekda dan penyampaian rencana strategi (Renstra) Sekda. Selain itu masih ada syarat lagi yang tak kalah penting. Yaitu Sekda harus pinter mengemong rakyat, mengayomi bawahannya dan melayani pejabat.

error: Content is protected !!