Batu Seukuran Kamar Rumah Runtuh Tutup Jalan Wonogiri-Pacitan

0 27

WONOGIRI-Batu tebing Gunung Pegat seukuran kamar rumah runtuh menutup sebagian jalan raya Wonogiri-Pacitan, tepatnya di Dusun Gunung Pegat Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi, Minggu (6/2).

Akibatnya arus kendaraan dari dan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur itu menjadi tersendat-sendat. Sebab batu berukuran lebar 4 meter dan tinggi 5 meter itu menutupi separo bahu jalan. Untuk mengatasi kemacetan lalulinas, petugas Polsek Nguntoronadi dan Satlantas Polres Wonogiri turun mengatur arus kendaraan dengan system buka tutup secara begantian dari kedua arah.

Sementara anggota Koramil Nguntornadi, petugas DPU, Dinas Perhubungan Kabupaten dan warga sekitar bekerja membersihkan lumpur longsoran. Kepala Bina Marga Propinsi, Giyanto dan pertugas Dishub Wonogiri memerkirakan, batu tersebut longsor sekira pukul 00.15 Minggu dini hari. Sebelumnya semalaman terjadi hujan deras.

Karena batu tesebut berukuran sangat besar dan keras, maka dibutuhkan waktu lama untuk bisa menyinkirkan material dari gunung milik Perhutani itu. Upaya yang dilakukan, mengerahkan warga dan petugas untuk memahati batu tersebut, jika dalam waktu lama tidak juga berhasil, direncanakan batu tersebut akan diledakkan dengan dinamit. (bsr)

error: Content is protected !!