44 KK masih belum ada PLN

0 59

WONOGIRI-Sementara sebanyak 44 KK di Dusun Gunung Wangunan belum terjangkau aliran listrik dari PLN. Untuk mendapatkan aliran listrik warga nekat ngganthol. Hasilnya tentu tidak maksimal karena satu sumber daya listrik dimanfaatkan untuk banyak rumah warga.
Samiyem (43) warga setempat, mengatakan hanya menggunakan listrik nggantol untuk lampu penerangan saja. Bagi pemilik televisi, hanya sebagai pajangan. Karena keterbatasan strome lsitrik, sehingga tidak bisa distel. Terlebih alat elektronika lainnya, seperti seterika.

“Kalau nonton tv bisa dibilang untung-untungan. Kalau warga lain tidak ada yang memakai listrik. Tapi kebanyakan juga tidak menghidupkan TV. Apalagi nyeterika. Pakaianya cuci jemur lalu dipakai,” jelas dia.

Camat Giriwoyo Sunyoto mengatakan semula wilayah Gunung Wangunan akan diajukan untuk bantuan dari Inpres Desa Tertinggal (IDT), namun program itu kini tidak ada. “Sekarang hanya bisa mengajukan permohonan pemasangan jaringan. Dibukanya jalan tersebut sebagai upaya agar PLN tidak enggan pasang jaringan listrik,” ungkapnya.

Sebelumnya pernah diberitakan, 948 KK di Karangtengah dan Slogohimo juga belum teraliri listrik PLN. Sebanyak 934 KK di Karangtengah terdapat di 11 Dusun di dua Desa. Desa Jeblogan dan Purwoharjo. Lainnya sebanyak 14 KK di Desa Setren, Slogohimo.([email protected])

error: Content is protected !!