Korban Bencana Alam Terima Bantuan

0 33

WONOGIRI-Bupati Wonogiri Danar Rahmanto menyerahkan bantuan untuk 163 Kepala Keluarga (KK) korban bencana alam se Kabupaten Wonogiri. Secara simbolik korban bantuan diserahkan di Kecamatan Nguntoronadi, dimana di kecamatan tersebut terdapat 21 KK korban bencana alam, kemarin.

Penerima bantuan adalah korban bencana alam tanah longsor, banjir, angin putting beliung atau angin rebut. Seperti yang dialami warga Desa Gebang Kecamatan Nguntoronadi, dimana puluhan warga setempat menjadi korban puting beliung. Akibatnya rumah penduduk setempat mengalami kerusakan parah dan ringan karena tertimpa pephononan tumbang.

Bupati berharap, di masa mendatang, penting diperhatikan menanamkan kesiap-siagaan warga dalam menghadapi kondisi tanggap bencana, sehingga mampu mengambil tindakan antisipatif yang tepat, cepat dan akurat. “Untuk itu dibutuhkan pelatihan dan sosialisasi tentang tanggap bencana secara berkesinambungan. Bencana alam dapat diprediksi kemunculannya, sehingga dapat dilakukan langkah antisipatif pencegahan,” ujar Danar.

KepaLa Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri H Suharno mengemukakan bahwa rekapitulasi bencana di Kabupaten Wonogiri sejak 1 Januari hingga 20 Januari tahun ini, terdapat 15 Kecamatan di Wonogiri yang terkena bencana alam. “Total ada 181 kepala keluarga yang berada di 15 Kecamatan menjadi korban bencana alam. Sejauh ini tidak ada korban jiwa, dan kami tidak ingin itu terjadi. Kerugian akibat bencana alam mencapai ratusan juta,” ujarnya.

error: Content is protected !!